Daftar Isi [Tampilkan]

Bapakku seringkali mengeluh kesemutan lalu terasa sakit lututnya sampai sulit digerakkan. Malah pernah beberapa tahun lalu kedua lututnya disuntik khusus mengatasi asam urat. Tahun ini beliau memasuki usia 75 tahun. Ternyata ada bahan makanan penyebab asam urat yang sebaiknya dihindari dan jenis makanan maupun minuman yang disarankan supaya dapat meminimalisasi kambuhnya asam urat ini.


Manfaat Sawi Putih untuk Mengatasi Asam Urat

Penyakit asam urat bisa diderita siapa saja, bahkan remaja yang berusia 20-an tahun pun bisa mengalaminya. Kondisi ini biasanya terjadi di jari kaki, pergelangan kaki, lutut dan paling sering di ibu jari. Normalnya, kadar atau standar asam urat laki-laki antara 3,4 – 7,0 mg/dL. Sedangkan angka asam urat normal pada perempuan antara 2,4 – 6,0 mg/dL. Kemudian, standar asam urat pada anak-anak 2,0 – 5,5 mg/dL.

Apa Itu Asam Urat?

Asam urat atau gout arthistis adalah peradangan atau nyeri pada sendi (arthistis) yang disebabkan oleh penumpukan monosodium urate yang mengendap di sekitar sendi. Biasanya timbul rasa sakit di sekitar kaki dan lutut. Hal ini terjadi karena kadar asam urat yang tinggi dalam darah (hiperurisemia).

Penyebab Asam Urat

Teman-teman, harap diketahui bahwa pada prinsipnya kadar asam urat yang tinggi berasal dari purin, di mana bisa didapat dari beberapa jenis makanan dan minuman seperti alkohol, daging domba, daging merah dan makanan laut. Ada juga penyebab asam urat lain selain faktor makanan, misalnya faktor genetik, komplikasi diabetes, komplikasi akibat batu ginjal serta penyakit lainnya. 

Ciri-Ciri Penyakit Asam Urat

Teman-teman, sudah tahu belum seperti apa sih ciri-ciri orang yang menderita penyakit asam urat? Ternyata masih banyak yang tidak menyadari gejala asam urat, lho. Bahkan hampir kebanyakan masyarakat baru mengetahuinya setelah mereka merasa sakit dan berobat ke dokter. Berikut adalah 5 ciri penyakit asam urat dari sekian banyak penyebabnya, yakni:

1. Nyeri pada pergelangan tangan, kaki, lutut dan siku

Rasa nyeri dan pembengkakan bisa terjadi pada di sekitar pergelangan tangan, kaki, lutut serta siku. Pada umumnya yang sakit adalah lutut, tetapi tidak menutup kemungkinan menyebar ke persendian lain. Gejala nyeri tersebut mirip dengan rheumatoid arthritis. 

2. Rasa nyeri di jempol kaki

Jempol kaki menjadi sasaran empuk penyakit asam urat yang paling umum. Terkadang penyebabnya kurang jelas apalagi asam urat cukup sensitif terhadap perubahan suhu. Kristal asam urat tidak dapat dipecah dan menumpuk berkumpul di jempol kaki karena suhu yang dingin dan jauh dari jantung. Makanan yang dikonsumsi mesti diperhatikan, juga penyakit bawaan maupun ketidakseimbangan metabolisme.

3. Sakit dan nyeri di malam hari

Mengapa asam urat cenderung membuat sakit dan nyeri persendian di malam hari? Perubahan suhu malam hari lebih rendah dibandingan pagi dan siang. Faktor karbondioksida yang tidak dikeluarkan secara ekstra selama tidur bisa meningkatkan keasaman darah. Selain itu ada pula faktor sleep apnea di mana penderitanya berpotensi lebih cepat menderita asam urat. 

4. Benjolan yang membengkak

Adanya benjolan ini disebabkan karena kristal asam urat yang membengkak dan tidak diobati. 

5. Keluhan pada ginjal

Jika penyakit asam urat bertambah parah, maka akan mengakibatkan keluhan pada ginjal. Kristal yang mengendap pada kaki atau persendian akan mengalir ke ginjal dan menumpuk sebagai batu ginjal.

Cara Mengatasi Asam Urat

Untuk mengatasi asam urat, beristirahatlah dengan posisi kaki diangkat dan disangga oleh bantal. Banyak minum air mineral, hindari minuman beralkohol, hindari makanan yang dapat memicu asam urat. Jangan lupa kompres es pada sendi yang sakit dan nyeri. Pilih makanan dan minuman yang rendah purin seperti susu tanpa lemak, yogurt, jus buah yang mengandung vitamin C. 

Fakta Sawi Putih untuk Asam Urat

Selain cara di atas, mengatasi asam urat bisa juga dilakukan dengan perbanyak mengonsumsi sawi putih. Dilansir dari laman Kompas, sawi putih termasuk sayuran yang aman untuk penderita asam urat. Sawi putih kaya antioksidan yang berperan penting melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Berikut fakta sawi putih menurut Health Benefits Times, yakni:

1. Sayuran kaya nutrisi

Sawi putih mengandung serta, protein, citamin B9, seng, zat besi, mangan, vitamin C, kalsium, vitamin B3, vitamin A dan vitamin B6.

2. Tinggi antioksidan

Kandungan vitamin A pada sawi putih dapat membantu mencegah dan mengontrol zat purin di dalam tubuh, sehingga pembuangan asam urat melalui urin akan lebih mudah. Begitu juga antioksidan yang terdapat dalam sawi putih mampu memberikan perlindungan ekstra menghalau berbagai penyakit yang disebabkan oleh oksidasi. 

3. Mengatasi nyeri sendi

Vitamin B3 pada sawi putih berupa niacinamide bisa meningkatkan mobilitas sendi. 

4. Meningkatkan fleksibilitas sendi dan mengurangi peradangan

Pada sawi putih terdapat kandungan niasin yang mampu meningkatkan fleksibilitas sendi dan mengurangi pembengkakan.

5. Konsumsi secukupnya

Makan sawi putih secukupnya saja, jangan berlebihan. Jika berlebihan, akan memicu gangguan perut kembung, diare, perut terasa panas karena produksi gas di lambung meningkat serta bisa mengganggu fungsi kelenjar tiroid.

Makanan Penyebab Asam Urat

Harap diingat ya, jauhi makanan apapun yang mengandung zat purin. Purin diolah tubuh menjadi asam urat yang fungsinya antioksidan, neuroprotektif, memberikan pertahanan terhadap tubuh melawan sel tumor dan sebagainya. Dilansir dari laman Halodoc, berikut adalah beberapa jenis makanan penyebab asam urat yang sebaiknya dihindari terutama jika kalian termasuk orang yang berisiko mengalami asam urat, yakni:

  1. Kerang 
  2. Ikan teri 
  3. Ikan sarden 
  4. Kalkun 
  5. Daging rusa 
  6. Hati 
  7. Ginjal sapi 
  8. Otak 
  9. Roti manis 
  10. Alkohol 
  11. Jeroan 
  12. Kacang-kacangan 
  13. Bayam 
  14. Daun pepaya 
  15. Jagung 
  16. Seledri 
  17. Wortel

Makanan yang Disarankan 

Jadi, sebaiknya makanan apakah yang sebaiknya dikonsumsi bagi mereka yang menderita maupun berisiko terhadap penyakit asam urat? Ini dia jenis makanan alami yang disarankan dikonsumsi, yaitu:

1. Sayur-sayuran tinggi serat

Sawi putih dan brokoli sangat disarankan rutin dikonsumi karena sayuran yang mengandung serat sangat efektif menetralisir penumpukan purin serta melancarkan sistem metabolisme di dalam tubuh. 

2. Air putih

Minum air putih dapat meningkatkan pembuangan zat beracun di dalam tubuh termasuk purin. Mengonsumsi air putih juga bisa membersihkan ginjal, meningkatkan fungsi hati, serta kinerja metabolisme tubuh. 

3. Buah-buahan yang mengandung vitamin C

Vitamin C sangat efektif mencegah penumpukan sisa-sisa metabolisme yang menempel di persendian penyebab asam urat. Jambu biji, tomat, kiwi, semangka, jeruk dan pepaya adalah contoh buah-buahan yang disarankan rutin dikonsumsi penderita asam urat.

4. Kopi hitam

Nah, ternyata kopi hitam tanpa gula khasiatnya baik sekali untuk melancarkan sistem metabolisme dalam tubuh, kesehatan jantung dan organ tubuh lainnya. Ingat, jangan pakai gula ya karena minuman manis pun dapat menyebabkan kambuhnya asam urat. 

Sido Muncul Ricasid 30'k Herbal - Turunkan Asam Urat Nyeri Sendi

Aku merekomendasikan produk herbal Sido Muncul yang dapat menurunkan asam urat dan nyeri sendi, namanya Ricasid 30’k Herbal. Dengan BPOM POM TR 032326071 Sido Muncul Ricasid merupakan suplemen herbal yang bermanfaat untuk membantu meredakan pegal linu dan nyeri sendi. Untuk harga di kisaran 70 ribuan saja.


Manfaat Sawi Putih untuk Mengatasi Asam Urat
Sido Muncul Ricasid 30'K Herbal

Dalam kemasan botol isi 30 kapsul, komposisinya adalah:

  • Ekstrak Phaleria Macrocarpa Fructus 200 mg
  • Alii Sativi Bulbus 100 mg
  • Andrographidis Herba 100 mg
  • Curcuma Domesticae Rhizoma 100 mg

Teman-teman, itulah sedikit ulasan mengenai asam urat, ciri-ciri penyakitnya, cara mengatasi, fakta sawi putih untuk asam urat  dan makanan pemicunya serta asupan yang disarankan bagi penderita penyakit tersebut. Mari kita jaga asupan makanan bergizi dan bernutrisi dan terapkan gaya hidup dan pola makan yang benar! Semoga kita senantiasa diberikan rezeki kesehatan dari Allah SWT aamiin.


30 comments:

  1. Ooo ternyata manfaat banget ya, terutama terkait dengan asam urat. Kebtulan saya suka sekali sawi putih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, manfaat sawi putih oke banget. Alhamdulillaah mas suka juga :)

      Delete
  2. Sawi putih rasanya memang enak, tumis dengan tahu oakai kecap asin, kecap ikan dan kecap inggris , duh rasanya enak banget. Favorit bikin tumis sawi putih inu dg aneka kecap bikin nambah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditambah potongan bakso dan udang wah makin lezat hehehe.

      Delete
  3. aku suka banget sama sawi putih, apalagi kalo dikukus dan rebus wah mantap deh, ternyata bagus untuk mengatasi asam urat juga ya, makasi mba artikelnya

    ReplyDelete
  4. Wah aku baru tahu kalau sawi putih bermanfaat bagi pengobatan atau pencegahan asam urat..Informasi yang sangat berguna nih

    memang saat ini belum ada keluhan tentang asam urat tapi seiring umur mana tahu ya, kan? Terima kasih informasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali. Iya selamat makan tumis sawi putih :)

      Delete
  5. Ini yg biasanya di somay ya, rasanya plain jadi cocok diolah tapi ternyata harus berhati-hati ya biar gk terlalu sering konsumsi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sawi putih bisa ditumis. Kol mungkin yang biasa ada di siomay hehehe.

      Delete
  6. Kalau daku sawi putih suka banget kalau ditumis pakai cabe rawit + bawang putih terus dikasih santan kara sedikit hmmm yummy🤩 gak nyangka ternyata sawi putih kaya manfaat juga ya

    ReplyDelete
  7. aku sendiri sebenernya ga terlalu suka sayur, sawi putih pun kalau lagi ga mood biasanya nggak kemakan juga.
    tapi baru tau juga kalau sawi putih punya manfaat yang bagus buat mengatasi asam urat
    aku sendiri ga tau apakah punya asam urat atau nggak, tapi sebisa mungkin untuk makanan juga dijaga, karena kadang lutut aku kayak nyeri gitu, entah itu nyeri atau efek karena dulu lari

    ReplyDelete
    Replies
    1. DIcoba mbak makan sawi putih. Lama2 ketagihan karena memang enak rasanya kok :)

      Delete
  8. Alhamdulillah kalau sawi putih ternyata dapat mengatasi asam urat. Selama ini sering banget mengonsumsi sawi putih walaupun belum paham akan khasiatnya.

    ReplyDelete
  9. Sebagai pecinta sayuran sawi putih aku takjub sama khasiatnya. Beneran baru tau setelah baca artikel ini. Rupanya Asam urat bisa teratasi dengan baik ya, bersyukur kini Sidomuncul punya produk yang berkualitas buat atasi Asam urat. Sehingga lebih fit dan bisa melakukan berbagai kegiatan tanpa terhambat lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali. Sido Muncul punya produk mengatasi asam urat. Selamat mencoba.

      Delete
  10. Bukan orang sepuh aja lho ya yang bisa kena asam urat. Nyatanya kaum '20an juga bisa kena huhuu. Mana sakit banget kalo lagi kambuh yekann. Aku baru tau kalo sawi putih tinggi antioksidan dan bantu mengatasi nyeri sendi. Untungnya aku juga sering masak sawi putih hahaha. Eh bisa juga konsumsi Ricasid 30'k Herbal buat meredakan pegal linu dan nyeri sendi nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu dia :D Toss kita samaan suka masak sawi putih :D

      Delete
  11. aku tuh ngurangin banget makan kacang-kacangan, terus ini aku juga baru tau kalau kerang, ikan teri dan bayam juga bisa menyebabkan asam urat ya. kalau pakai sawi putih ini aku juga pernah dengar dari teman yang kena asam urat, tapi misal aku sih bakal pilih konsumsi obat herbal ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap pokoknya khasiat sawi putih, dimasak ala tumisan enak banget mbak.

      Delete
  12. Wah sayur yang nikmat kala ditulis, Gak sangka akan khasiat sawi putih.
    Cocok deh ini konsumsi rutin (gak berlebihan ya tetep), buat antisipasi dari yang namanya asam urat

    ReplyDelete
  13. Kayanya gak terlalu horor obatnya yaa..
    Alhamdulillah mudah juga mendapatkannya.
    Tapi pengalaman masku berobat asam urat ke dokter di INggris ((karena momennya pas blio post-doc disana)) dan pulang dengan nasehat "Minum air yag banyak yaa.." dengan kondisi masku pake kruk, saking bengkaknya.

    Sembuh siih..
    Setelah 3 minggu.

    Subhanallahu.. ujiannya kalau uda sakit tuh jadi mengurangi banyak aktivitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa, memang mesti minum air yang banyak. Konsumsi sawi putih dan lainnya pun jangan berlebihan.

      Delete
  14. Akooh maak punya asam urat apalagi makanan yang disebutkan diatas kesukaan akuh banget, spt seafood, steak, bebek 🤭
    Baru tahu sawi putih bagus buat asam urat besok belanja aah...treatment aku selama ini habis makan berlemak minum teh hijau biar rontok lemaknya.

    ReplyDelete
  15. wah berarti warga korsel yang suka makan kimchi itu juga kayaknya sedikit ya risiko kena asam uratnya karena kandungan sawi putih yang bisa mengatasi asam urat ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa hehehe, jadi makin semangat makan kimchi setelah lebih tau khasiatnya.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.