Daftar Isi [Tampilkan]

Bisakah kulit tampak lebih muda seiring bertambahnya usia?  Ada banyak cara yang dilakukan para wanita dan pria untuk merawat kulit wajah, selain menjaga kesehatan tubuh pada umumnya. Aku punya rekomendasi klinik kecantikan terbaik di Jakarta Selatan. Ini pengalamanku melakukan treatment Signature Glow dengan harga terjangkau di SUMIA Skin Clinic Pejaten. 

Pengalamanku Treatment Signature Glow di SUMIA Skin Clinic Pejaten


Wajahku

Selama ini aku kurang memerhatikan kondisi kulit wajah sendiri. Padahal aku sering berada di depan laptop, masak di dapur berhadapan langsung dengan kompor dan terkadang mengendarai motor. Aku juga lalai dan agak malas mengaplikasikan sunscreen alih-alih pergi dalam jarak dekat saja. Benar-benar sangat menyesal deh rasanya.

Usiaku memang sudah kepala empat, tepatnya 45 tahun. Terlihat jelas flek hitam, melasma, kulit kering dan garis-garis halus di wajahku. Makin sering bercermin jadinya, sekaligus sedih karena eksim yang biasanya kambuh di sekitar mulut dan dagu, kini merambah ke area antara hidung dan kedua mata. Banyak faktor pemicu eksim, namun paparan sinar matahari, suhu panas dan banyak pikiran adalah penyebab utamanya.

Zaman sekarang, pemakaian skincare hingga treatment di klinik kecantikan sudah menjadi gaya hidup dan investasi jangka panjang. Ternyata merawat kulit sedini mungkin itu baik sekali untuk mempertahankan kesehatan kulit agar kita makin percaya diri dan dapat meningkatkan kualitas hidup. Aku mencari tahu klinik kecantikan terbaik di Jakarta melalui Google dan berbagai media sosial. Akhirnya aku menjatuhkan pilihan yakni SUMIA Skin Clinic Pejaten. 

Perawatan Wajah Perdana di SUMIA Skin Clinic Pejaten

Pernahkah teman-teman melakukan treatment di SUMIA Skin Clinic? Toss yuk sama aku! Pertama kalinya aku perawatan di SUMIA Skin Clinic Pejaten saat bulan Ramadan, tepatnya Rabu 27 Maret 2024. Malah aku langsung membuat member card-nya lho.

Rasanya seperti nostalgia deh, ketika aku berada di SUMIA Skin Clinic Pejaten. Teringat zaman anak-anakku teteh Rafa dan ayang Fakhri masih bersekolah di SD Pelita. Soalnya, mobil antar jemput almarhum Pak Agus selalu parkir persis di depan klinik. Memang ternyata SUMIA Skin Clinic ini berupa rumah yang disulap menjadi klinik kecantikan yang direkomendasikan, serta aman bagi ibu hamil dan lansia. 


Pengalamanku Treatment Signature Glow di SUMIA Skin Clinic Pejaten
Perawatan Wajah Perdana di SUMIA Skin Clinic Pejaten Paket 6 in 1 Perfect Glow

Saat itu aku berkonsultasi dengan dr.Rizki Widya Ridhani. Beliau menyarankan aku treatment paket 6 in 1 Perfect Glow yakni facial botanical, meso melasma/acne, eye treatment, rejuvenating photo laser, pdt serta oxy c infushion Asyiknya, sedang berlangsung promo paketnya dari harga Rp1.425.000 menjadi Rp679.000 saja. Aku pun sekalian membeli rangkaian skincare yang memang disesuaikan dengan kebutuhan kulitku.

Pengalamanku Treatment Signature Glow

Teman-teman ga perlu khawatir, treatment di SUMIA Skin Clinic Pejaten tuh harganya terjangkau, apalagi saat berlangsung promo di setiap bulannya. Nah, aku mau berbagi pengalaman treatment paket promo bulan Juni, Signature Glow hari Senin, 10 Juni 2024 lalu. Sungguh ga menyangka lho, ternyata hanya merogoh kocek 700 ribuan saja bisa bikin wajah glowing

Dari rumahku di Jagakarsa aku mengendarai mobil sendiri. Kurang lebih pukul 11.00 WIB aku sudah tiba di klinik dan disambut hangat oleh staf dengan ramah. Di sini area parkirnya luas bisa muat 3-6 mobil. Setelah memperlihatkan member card, aku duduk manis di sofa di ruangan yang homey, bersih, wangi dan rapi. Produk skincare ditampilkan di sisi dinding dan lemari kayu yang estetik. 

Semangat banget, soalnya Signature Glow dari harga Rp1.425.000 menjadi Rp749.000 saja. Wow, aku menang banyak! Tindakan laser dan IPL dilakukan langsung oleh dr. Gita Gantieka Andjani, MD., Dipl AAAM @gitaandjani Alhamdulillaah, hasil treatment-nya oke banget. Kulit wajahku jadi lebih bersih, sehat, halus, cerah, pokoknya glowing paripurna. 


Pengalamanku Treatment Signature Glow di SUMIA Skin Clinic Pejaten
Paket Promo Signature Glow di SUMIA Skin Clinic Pejaten serta Foto Before & After Treatment

Rangkaian Signature Glow

Treatment Signature Glow di SUMIA Skin Clinic Pejaten dapat apa saja? 

1. Facial Botanical

Facial Botanical merupakan treatment yang menggunakan bahan botanical yang bermanfaat membersihkan wajah dari sel kulit mati, komedo, menutrisi kulit, mengurangi jerawat serta mencerahkan wajah. Durasi perawatan sekitar 30 menit meliputi cleansing, vakum, ekstraksi komedo, galvanic dan masker. Perhatikan pemakaian make up hindari selama 3 hari, hindari paparan sinar matahari langusng, gunakan krim iritasi dan pelembab wajah.

2. Laser Toning

Laser Toning dengan teknologi Nd-Yag yang digunakan untuk mengatasi masalah flek, kulit kusam dan jerawat. Bermanfaat untuk meremajakan kulit, mengatasi warna kulit tidak rata, mengecilkan pori-pori, kerutan halus, mengencangkan dan mencerahkan kulit serta mengaktifkan kembali kolagen di wajah. 

Nah, setelah dilaser, tahan dulu penggunaan make up selama 3 hari karena biasanya wajah akan terlihat hitam-hitam dan terjadi pengelupasan kulit. Hindari paparan sinar matahari secara langsung. Jangan lupa aplikasikan krim iritasi serta hindari menyentuh wajah.

3. IPL (Intense Pulse Light)

Terapi IPL atau Intense Pulse Light merupakan treatment yang digunakan untuk memperbaiki warna dan tekstur kulit tanpa operasi. IPL juga dapat meremajakan kulit dari garis halus dan kerutan, meredakan jerawat, memudarkan bekas jerawat, flek hitam, kerusakan kulit akibat sinar matahari, membunuh bakteri penyebab jerawat.

4. Oxy C

Oxy C berfungsi menyegarkan kulit wajah, mengikis sel kulit mati dan melembapkan kulit wajah. Wajah menjadi lebih cerah, halus dan ternutrisi. Noda hitam, bekas jerawat tersamarkan, serta dapat mengurangi minyak berlebih.


Pengalamanku Treatment Signature Glow di SUMIA Skin Clinic Pejaten
Treatment Signature Glow - SUMIA Skin Clinic Pejaten

Aku senang dan cocok melakukan treatment di SUMIA Skin Clinic Pejaten. Apalagi treatment Signature Glow yang harga paketnya terjangkau banget karena lagi promo. Soal layanan, ga usah khawatir, teman-teman. Di SUMIA Skin Clinic, kebersihan dan kenyamanan ruangan nomor 1. Begitu juga pelayanan dokter ramah. Saat konsultasi, penjelasan lengkap dr. Gita maupun dr. Rizki dapat dipahami meskipun misalnya kita awam soal perawatan wajah. 

Karyawan maupun perawat/ beautician (Mbak Karin dan mbak Desti) helpful, diberi arahan oleh dr. Gita supaya saat ekstrasi komedo, area yang sering kambuh eksimnya di-skip saja. Dokter Gita juga sengaja melewatkan tindakan laser dan IPL di area tersebut. Hal ini beliau beritahukan di ruangan konsultasi terlebih dahulu sebelum treatment


Gita Gantieka Andjani, Dipl. AAAM
Bersama dr. Gita Gantieka Andjani, Dipl. AAAM

Double Cleansing adalah metode awal Facial Botanical saat treatment Signature Glow. Enak banget saat massage wajah dan ada pijatan lembutnya. Mbak Karin menanyakan padaku apakah sudah cukup kekencangannya atau belum. Mukaku disemprot uap ozon supaya pori-pori kulit terbuka lebih lebar untuk memudahkan pengambilan komedo. Mbak Desti yang membantu pengambilan foto dan video. 

Ektraksi komedo menurutku paling seru. Namanya no pain no gain, ingin cantik tentu harus bisa menahan sedikit rasa sakit kayak digigit semut hihihihi. Setelah itu High Frequency yang nyaman banget rasanya. Kemudian tindakan laser, pemberian gel dan IPL dilakukan langsung oleh dr. Gita.Rasanya cekat-cekit sedikit sih tapi masih bisa ditahan kok.

Wajahku dibersihkan dari gel bekar laser dan IPL, diolesi adonan masker untuk meredakan iritasi. Aku paling suka masker topeng yang bisa dikupas, peel off gitu. Efek pada wajah jadi terasa dingin apalagi ini pakai mint, Lalu penyemprotan Oxy C yang menggemaskan, adem banget. Terakhir, wajah dibersihkan kembali dan diolesi sunscreen. 

Lebih Dekat dengan SUMIA Skin Clinic Pejaten

Tak kenal maka tak sayang, bukan? SUMIA Skin Clinic merupakan salah satu klinik kecantikan halal dengan treatment dan teknologi terbaik di Indonesia. Buat kalian yang penasaran dan ingin kenal lebih dekat dengan SUMIA Skin Clinic Pejaten, mari simak bersama ulasanku kali ini!

Awalnya nama klinik ini SUMIA Aesthetic Clinic. Seiring berjalannya waktu sejak didirikan pada tahun 2011,  terjadi transformasi dan namanya menjadi SUMIA Skin Clinic yang menjadi reopening dan rebranding pada 3 Maret 2024 di Jatipadang, Pasar Minggu. Dalam industri kecantikan dan anti aging, SUMIA Skin Clinic sudah terdepan memberikan perawatan estetika serta pengalaman peningkatan kecantikan yang tak tertandingi bagi pelanggannya. 

Para pemimpin perusahaan, yaitu Founder Herlinawati Sucipto, S.PT., M.M, Co-founder sekaligus Head Doctor SUMIA dr. Gita Gantieka Andjani, dipl AAAM, dan dr. Yudhi Prasetyo, SpAn., KAKV sebagai Bussines Development Director. 

Mengususng konsep “Skin and Contouring Expert”, SUMIA Skin Clinic di bawah bendera PT. Sumia Technoskin Asia ini menawarkan perawatan berkualitas dengan harga terjangkau untuk segala usia, baik bagi wanita maupun pria. Treatment di SUMIA ditangani langsung oleh dokter yang sudah tersertifikasi internasional dan berpengalaman dalam menganalisis, mendiagnosis dan memberikan solusi masalah kulit.

Lokasi dan Jam Buka

SUMIA Skin Clinic Pejaten berada di Jalan Jatipadang I No. 1 Pasar Minggu Jakarta Selatan. Nomor telepon yang bisa dihubungi adalah 021-7822942 dan  08119009399. Ada akun Instagram-nya yakni @sumiaskinclinic 


Pengalamanku Treatment Signature Glow di SUMIA Skin Clinic Pejaten
SUMIA Skin Clinic Pejaten

Lokasi klinik mudah dijangkau, Klinik ini persis di seberang pintu gerbang samping SD Pelita, di samping gerai laundry. Jika kalian hendak konsultasi dan perawatan, jangan lupa konfirmasi terlebih dahulu di nomor tersebut ya. Jam buka hari Senin sampai Minggu pukul 09.00-20.00 WIB. Khusus di hari Minggu, dokter-dokternya tidak praktek, namun perawatan tetap berjalan seperti biasa.

Jadwal Praktek Dokter

  • dr. Gita Gantieka Andjani, Dipl. AAAM : Senin-Sabtu 11.00-18.00 WIB
  • dr. Rizki Widya Ridhani : Senin-Sabtu 10.00-18.00 WIB
  • dr. Amelia Andriani, MM., MARS : Senin-Sabtu 10.00-18.00 WIB (SUMIA klinik terbaik Lampung)

Dr. Gita Gantieka Andjani, Dipl. AAAM adalah lulusan kedokteran dari Universitas Padjadjaran, Bandung. dr. Gita memiliki pengalaman lebih dari 8 tahun di dunia estetika. Beliau melanjutkan pendidikan ke American Academy of Aesthetic Medicine, USA dan mendapatkan gelar Diploma AAAM dan International Certified of Aesthetic Medicine.


Pengalamanku Treatment Signature Glow di SUMIA Skin Clinic Pejaten
Jadwal Praktek Dokter SUMIA Skin Clinic Pejaten dan Lampung

Perawatan Kulit

Perawatan kulit mulai dari wajah, tubuh, pelangsingan/ slimming hingga rambut. Treatment bervariasi seperti facial, peeling, mesotherapy, botox, laser & light, filler, threadlift, exosome, collagen simulator dan sebagainya. Gratis konsultasi dokter di SUMIA Skin Clinic Pejaten dan SUMIA Lampung, dengan sayarat dan ketentuan. Jika teman-teman melakukan treatment maupun pembelian produk skincare, maka konsultasi dokter gratis. Apabila hanya konsultasi saja, jasa dokternya adalah Rp100.000.

Produk Skincare

Selain perawatan, apakah ada skincare dari SUMIA Skin Clinic? Tentu ada. Skincare yang digunakan halal, sudah BPOM dan formulasinya alami, disesuaikan dengan iklim tropis Indonesia. Aman untuk ibu hamil, ibu menyusui dan remaja serta baik sekali untuk dipakai dalam jangka panjang dan tidak membuat ketergantungan. 


Pengalamanku Treatment Signature Glow di SUMIA Skin Clinic Pejaten
Produk Skincare SUMIA Skin Clinic

Kalian bisa membeli skincare di Shopee namanya SUMIA Skin Clinic Official. Obat jerawat terbaik bisa diperoleh di sini. Namun sebaiknya perawatan jerawat, solusi flek dan obat flek dikonsultasikan langsung dengan dokter dan melakukan treatment secara rutin agar hasil optimal. Berikut adalah sebagian contoh produk skincare SUMIA, yakni:

  • Hyaluronic Acid Gel, Moisturizer Rp160.000
  • BHA Clarifying Toner Rp70.000
  • Acne Oily Expert Cleanser Rp70.000
  • Zenamid Serum Rp175.000
  • Glow Brightening Cream Rp95.000

Member Card

Seperti yang telah aku ceritakan di atas, saat pertama kali konsultasi dan melakukan treatment, aku langsung membuat member card. Karyawan SUMIA Skin Clinic Pejaten menjelaskan benefit kartu keanggotaan ini terlebih dahulu. Member card berlaku 1 tahun. Apabila sudah lebih dari 1 tahun, maka berlaku ketentuan member baru. 

Apabila pasien pindah cabang atau tidak melakukan treatment atau pembelian produk selama satu tahun, maka berlaku registrasi pasien baru. Oh ya, biaya registrasi pasien/ pelanggan baru sebesar Rp50.000, sedangkan untuk member card-nya Rp25.000.

Asyiknya lagi, saat ulang tahun ada promo khusus member nih. Apa sajakah itu? 

  • Gratis facial ulang tahun senilai Rp100.000 (berlaku satu bulan kelahiran)
  • Diskon 10% facial treatment 
  • Diskon 5% pembelian produk skincare

Catatan: Special promo tidak dapat digabungkan dengan promo member.

Honest review dari aku, muka jadi lebih halus dan lembut, kelihatan sekali dari foto before & after. Flek hitam jadi tersamarkan dan berkurang. Memang ga cukup sekali treatment, sebaiknya rutin dilakukan supaya hasilnya maksimal. Kapan-kapan aku mau lagi ah ambil promo paket treatment di SUMIA Skin Clinic Pejaten.


Pengalamanku Treatment Signature Glow di SUMIA Skin Clinic Pejaten
Aku bersama dr. Gita dan Staf SUMIA Skin Clinic Pejaten


Pengalamanku Treatment Signature Glow di SUMIA Skin Clinic Pejaten
Berbagai Promo Paket Treatment di SUMIA Skin Clinic Pejaten

Kenapa harus SUMIA Skin Clinic Pejaten? Klinik terbaik di Jakarta Selatan ini memiliki perawatan tepat waktu, reservasi anti ribet, pembayaran cashless, protokol kesehatan terjamin. Tunggu apa lagi? Yuk, segera kunjungi SUMIA Skin Clinic Pejaten dan gunakan kode promo  NURUL X SUMIA seperti yang tertera pada flyer untuk mendapatkan treatment Signature Glow seperti aku. Terima kasih dan sampai jumpa lagi. 




46 comments:

  1. Oh ternyata udah lama juga usia kliniknya ya mbaa. Aku pikir klinik kecantikan baru, ternyata udah ada dr 2011 👍👍. Biasanya orang2 juga lbh yakin kalo suatu tempat itu udh lama, dan tetep survive. Berarti kan bagus

    Sbnrnya pengen cobain perawatan klinik begini. Tapi terkadang masih galau 🤣. Krn mikirin kulitku super sensi aja sih. Boleh ga sih kalo ttp pakai skincare yg udh lama kita pakai aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa :) Betul banget. Boleh kok. Cuuuzzz datengin kliniknya dan cobain treatment di SUMIA Pejaten, mbak Fanny.

      Delete
  2. Ruang tunggunya cozy banget ya
    Jadi berasa sangat diistimewakan kalau treatment di sana
    Biayanya juga aman terjangkau
    Hmm berharap segera buka cabang di Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, nyaman banget berasa rumah sendiri :D Aamiin semoga saja segera buka cabang di Surabaya ya.

      Delete
  3. uhuyyy langsung kelihatan glowing habis perawatan di sumia skin. kumplit ya fasilitasnya lengkap dan banyak promonya juga. jadi pengen perawatan juga nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe alhamdulillaah iya kelihatan glowingnya ya :)

      Delete
  4. Sepertinya yang belum usia kepala 4 seperti daku perlu juga nih memulai treatment ya mbak.
    Apalagi melihat treatment-nya mbak Nurul terbilang menyenangkan ya, ada promonya pula lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu perlu dong :D Hayuk, buruan ke SUMIA :)

      Delete
  5. sama nih mbak aku juga suka lalai dan agak malas mengaplikasikan sunscreen sekarang ada melassma benar-benar sangat menyesal deh rasanya, harusnya aku perawatan di Sumia skin clinic juga kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuy atuhlah treatment rutin di SUMIA Skin Clinic :)

      Delete
  6. Lumayan banget mbak, kalau perawatan pas promo, diskonnya bisa sampai 50%. SUdahlah jadi lebih irit, hasil perawatan diwajah pun memuaskan.

    ReplyDelete
  7. Treatmentnya bener-bener bikin puas, ka Nurul.
    Selain menjawab seluruh permasalahan juga kalau dilihat dari harganya yang sedang diskon, bikin aman kantong jugaa.. Pas banget perawatan, pas lagi liburan seperti ini.

    Idealnya Signature Glow di Sumia Skin Clinic Pejaten berapa kali?
    Seneng deh, karena Sumia Skin Clinic ada di beberapa lokasi di kota-kota besar Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mak Len. Asyiknya lagi ada promo jadi terjangkau banget harga treatment-nya. Idealnya tergantung kondisi kulit harus dikonsultasikan ke dokter :)

      Delete
  8. Sama juga sih kadang aku pun berasa kalau penggunaan skincarenya sudah cukup, treatment gak perlu. Padahal mah tetap harus ya, apalagi kalau sering aktivitas luar ruang nih dan terpapar matahari juga. Harga skincarenya masih ramah kantong nih, jadi kalau habis treatment bisa sekalian beli rangkaian skincare yang memang sesuai dengan tipe kulit kita ya mak.

    ReplyDelete
  9. SUMIA Clinic ini menawarkan treatment yang variatif dan sesuai dengan kebutuhan kulit banget ya. Sudah gitu lokasinya pun mudah dijangkau. Setelah melakukan treatment kulit jadi lebih bersih, sehat dan kian terpancar cantik alami 😍

    ReplyDelete
  10. oke jug nih pilihan treatment yang ada ya mba.. dan ada beauty products yang bisa dipakai untuk melanjutkan perjalanan menuju kulit glowing yaaa mba

    ReplyDelete
  11. Wah, tempat treatment nya cozy banget
    Perawatannya juga cukup lengkap ya paketannya
    Harganya pun terjangkau
    Sudah gitu beneran berkualitas, terlihat banget before afternya

    ReplyDelete
  12. Untuk ukuran treatment di klinik, harganya lumayan terjangkau ya. Ya, walaupun saya belum pernah treatment di klinik manapun karena takut ketagihan:D Sementara, saya hanya mengandalkan skincare aja :D

    ReplyDelete
  13. before afternya beda banget..kulit jadi lebih bersih dan halus, dapat harga promo lagi... , btw sunscreen paling wajib deh..ternyata yang mendung rasanya gak terik nyatanya mempengaruhi warna dan kesehatan kulit juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sunscreen wajib dipakai pake bangeeeddd hehehe :)

      Delete
  14. Murah banget mbak treatment sebanyak itu cuma 700 ribu habisnya. Dan kelihatan banget ya wajahnya langsung Glowing habis perawatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa khan? Kuy siniiiii treatment juga di SUMIA :)

      Delete
  15. Wah asyik banget ini bisa treatment begitu. Kepengen deh ih. Biar wajah bisa bersih dan glowing. Jadinya tampak kulitnya sehat dan lebih muda ya. Apalagi kalo rutin. Hasilnya bisa lebih maksimal ya.

    ReplyDelete
  16. Wah asyik banget ini bisa treatment begitu. Kepengen deh ih. Biar wajah bisa bersih dan glowing. Jadinya tampak kulitnya sehat dan lebih muda ya. Apalagi kalo rutin. Hasilnya bisa lebih maksimal ya.

    ReplyDelete
  17. Wah aku juga jarang jarang make sunscreen nih. Baca ulasan ini jadi merasa harus mewajibkan diri untuk rutin memakai lagi.

    ReplyDelete
  18. lumayan nih kalo jadi member di Sumia Skin Clinic Pejaten, banyak keuntungan yang didapatkan dan penawaran yang sangat menarik

    ReplyDelete
  19. Intinya mah perawatan itu harus ya, ga peduli dengan harga yang dikeluarkan.

    .tapi aku suka nih Nurul bagus banget merincikan perawatan!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. SIp iya mbak. Selamat mencoba perawatan di SUMIA Pejaten :)

      Delete
  20. Memasuki usia jelita memang penting untuk terus merawat kesehatan kulit ya mak. Budget untuk perawatan juga perlu dianggarkan hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penting merawat kulit sedini mungkin mbak :) SIp2, enak kalau ada promo paket jadi lebih ramah di kantong :)

      Delete
  21. Wah, SUMIA Skin Clinic memiliki layanan yang ramah dan nyaman ya. Kalau deket mau banget nih aku jadi member karena bisa dapat banyak keuntungan. Rekomenden banget ya mbak buat yang ingin perawatan dan hati jadi hepi karena pelayanannya yang ramah.

    ReplyDelete
  22. aku sendiri termasuk telat juga make sunscreen mbak, dulu kayak menyepelekan gitu, hiks, alhasil wajahku ada muncul bintik hitak gitu, sedihnya
    harga waktu promo di Sumia lumayan juga ya selisihnya, hampir 50% sendiri, apalagi kalau pegawainya ramah-ramah dan pelayanan sat set, widihh pengen balik lagi pasti nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya menyesal belakangan :( Tapi jangan terlalu sedih. Mulai perawatan dari sekarang dan pakai skincare sesuai kebutuhan kulit :)

      Delete
  23. Perawatan seperti ini sebenarnya bukan hanya untuk perempuan saja. Cowok pun hrus peka dengan perawatan kulit.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.