Daftar Isi [Tampilkan]

Bagi umat muslim, menunaikan umrah di Tanah Suci Makkah merupakan keinginan besar sebelum nantinya terlaksana ibadah haji. Impian tersebut dapat terwujud jika perencanaan dana, selain fisik dan mental tentunya, dilakukan jauh-jauh hari. Yuk, cek kabar terbaru seputar biaya umroh 2024 dan persiapannya!


BIaya Umrah 2024, Jenis Paket dan Kisaran Harganya

Alhamdulillaah aku dan suami sudah melaksanakan ibadah umrah plus Turkiye di tahun 2018 silam. Saat itu bisa dibilang cukup kilat karena kami mendapat bonus rezeki dari Allah SWT. Impian kami selanjutnya adalah bisa umrah plus Turkiye bersama kedua anak kami aamiin. 

Dengan antrean ibadah haji yang panjang, rata-rata umat muslim termasuk di Indonesia, melakukan ibadah umrah terlebih dahulu. Biasanya plus berwisata ke negara-negara lain terdekat seperti Turkiye yang paling populer. Dana yang dikeluarkan tidak sedikit, namun kita bisa memilih paket umrah di perusahaan tour and travel sesuai kebutuhan.

Standar Biaya Umrah

Di tengah maraknya umrah mandiri, umrah backpacker dan sebagainya, umrah menggunakan jasa tour and travel masih menjadi pilihan banyak orang. Paket perjalanan ekonomis dampai yang eksklusif tersedia. Biaya umrah sebenarnya tergantung pada travel penyedia umrah serta rencana perjalanan yang akan diambil. Rata-rata durasi ibadah umrah antara 9-12 hari.

Tiket penerbangan berangkat ke Tanah Suci ketika peak season akan lebih yinggi dibandingkan dengan low season. Begitu juga akomodasi hotel selama jamaah berada di Makkah dan Madinah serta fasilitas lain yang ditawarkan contohnya makanan dan transportasi.

Meskipun biaya umrah perusahaan tour and travel berbeda-beda, namun semuanya memiliki kesamaa yang sudah menjadi standar umrah. Biasanya biaya tersebut sudah termasuk akomodasi seperti hotel, tiket pesawat, transportasi, makanan serta fasilitas ibadah pendukungnya. Ada pula paket biaya umrah Ramadan yang harganya lebih tinggi lagi.

Di tahun 2023, standar biaya yang direkomendasikan untuk umrah berkisar Rp24.000-000 hingga Rp28.000.000. Di tahun 2024 biayanya meningkat di kisaran Rp25.200.000 sampai Rp29.4000.000 jika kenaikannya sebesar 5%. Adapun biro perjalanan umrah swasta rata-rata menetapkan harga umrah Rp30.000.000 samoai Rp50.000.000 per orang dengan berbagai fasilitas dan layanan yang lebih memuaskan.

Rincian Biaya Umrah

Teman-teman harus tahu dulu kisaran berapa biaya umrah 2024 dan travel agent mana yang akan dipilih. Pastikan tour & travel agent sudah mempunyai izin sebagai Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah dari Kementerian Agama Republik Indonesia. Berikut merupakan rincian biaya umrah yang harus dicermati, yakni:

1. Tiket pesawat terbang untuk umrah antara Rp8.000.000 sampai Rp15.000.000. Harga ini tergantung pada maskapai penerbangan serta kelas tempat duduk yang dipilih, destinasi keberangkatan dan kedatangan.

2. Biaya akomodasi umrah antara Rp13.000.000 hingga Rp30.000.000. Hal ini berdasarkan pilihan hotel berbintang, jarak hotel dengan Ka’bah serta destinasi lain juga fasilitas yang disediakan.

3. Biaya transportasi selama jamaan berada di Tanah Suci dialokasikan sebesar Rp500.000 sampai Rp1.000.000 per orang. Ada pula biaya lain seperti perlengkapan umrah dan pendukungnya sekitar Rp2.000.000 hingga Rp5.000.000

Ada 3 Jenis Paket Umrah 

Berikut adalah tiga jenis paket umrah dan biayanya untuk 1 orang, yaitu:

1. Paket Umrah Reguler 

Paket ini mencakup biaya tiket penerbangan, hotel bintang 4, transporasi dan perlengkapan umrah. Harga paket regular ini Rp20.000.000 sampai Rp25.000.000 lebih per orang.

2. Paket Umrah Plus 

Paket ini bisa menjadi pilihan calon jamaah yang ingin berangkat dengan kelompok kecil, contohnya untuk satu keluarga sekaligus. Paket umrah plus ini fasilitasnya sama dengan paket umrah regular. Perbedaannya terletak pada hotel yang lebih bagus, lokasi lebih strategis lebih dekat dengan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Untuk harganya di kisaran Rp 28.000.000 hingga Rp35.000.000 per orang. 

3. Paket Umrah VIP disebut juga dengan umrah plus city tour, karena terdapat tambahan fasilitas paket liburan, contohnya ke Dubai atau Turkiye. Biaya per orang lebih tinggi lagi yakni sekitar Rp37.000.000 hingga Rp40.000.000 per orang.

Lantas, Berapa Biaya Umrah 2024?

Di beberapa travel agent, biaya umrah 2024 per orang bisa dikatakan mulai dari Rp29.500.000 hingga Rp130.000.000. Hal ini tergantung pada fasilitas, lama hari, penerbangan, hotel serta destinasi tambahan lainnya yang hendak disinngahi untuk berwisata.

Sebagai contoh, paket umrah Zahara Tour program Fenomenal 9 hari dengan keberangkatan 16 Juli 2024 harganya Rp24.999.000 dengan hotel bintang 3. Hotel Makkah Snood dan Hotel Madinah Andalus. Maskapai transit flight, free kereta cepat, free Thaif, free Albaik.

Ada pula keberangkatan dengan maskapai Saudia Airlines pada 31 Juli 2024 program Super Fenomenal 9 hari. Fasilitas hotel bintang 5 kombinasi, di Makkah Azka Safa dan di Madinah Andalus. Paket umrah ini pun disertai dengan free kereta cepat, free Thaif, free Albaik.  

Teman-teman, itulah ulasan singkat mengenai biaya umrah 2024. Semoga niat kita beribadah umrah dapat terealisasi sesuai impian dan cita-cita kita. Semoga setelah tunai umrah kita menjadi pribadi islami yang lebih beriman dan bertakwa terhadap Allah SWT serta menjadi umrah mabrur aamiin.


22 comments:

  1. Aku punya target 4 thn lagi pengen umroh sekeluarga semua mba. Malah sebenernya itu yg ngajak papa. Kenapa 4 thn lagi, ya karena biaya juga, dan krn menunggu ponakanku dari di adek bungsu agak gedean dikit. Skr msh 2 thn. Msh rewel kalo diajak pergi. Jd tunggu gede biar kami semua fokus juga ibadahnya ntr. Moga2 aja 4 thn lagi biayanya msh ga tinggi2 amat yaa 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin yra. Semoga niat umrah bareng keluarga terlaksana ya mbak Fanny.

      Delete
  2. Semoga ada kesempatan untuk umroh bersama keluarga :-)

    ReplyDelete
  3. Ada harga ada pelayanan jasa ya mbak. Seperti traveling ke tempat lainnya, bisa mode pas-pasan budget, bisa juga mode mewah. Semoga saya dan keluarga diberi kemudahan rezeki untuk daftar haji dan umroh ^^.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali. Insya Allah doa kita dijabah Allah SWT aamiin :)

      Delete
  4. Kakakku dinihari tadi barusan pulang umroh, pakai biro travel di Kudus paket reguler 9 hari kena harga 28 JT , berarti kemahalan ya. Pesawat Airasia pula. Wah jadi pingin cari biro travel yang bagus dengan harga yang gak mahal nih . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya tergantung fasilitas yang ditawarkan bun. Semakin nyaman semakin bertambah harganya, barangkali demikian :)

      Delete
  5. Naik banget ya biaya umrah, rasanya pengen umrah lagi dulu umrah pas hamil muda jadi badan rasanya lemas hehe kurang maksimal.. semoga ada rezekinya

    ReplyDelete
  6. Pengen ikut umroh plus...semoga disegerakan...bisa ke tanah suci plus melihat jejak peninggalan Islam

    ReplyDelete
  7. Berarti kalau umroh yang harganya dibawah 25 juta perlu dipertanyakan ya mbak?

    ReplyDelete
  8. Semoga kami sekeluarga diberi kesempatan umrah bersama-sama. Aamiin.

    ReplyDelete
  9. Aamiin yaa robbal 'alamiin.. udah lama aku kepengen rasanya ke Baitullah mbak. Tiap ada yg cerita perjalanan ibadahnya dan berbagai rekomendasi travel agent sampai umroh mandiri ala backpacker udah ku simpan baik-baik informasinya. Semoga kelak terkabul bisa ibadah ke Baitullah Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah disegerakan dan dimudahkan aamiin yra :)

      Delete
  10. Ade niat banget deh kalau Abang dapet beasiswa mau umroh sekeluarga. Soalnya skrg umroh bisa mandiri kan.

    ReplyDelete
  11. Wah sekitar 28 juta ya maksimal. Aku belum ada alokasi untuk umroh karena masih kepake untuk biaya sekolah anak-anak. Semoga nanti dimudahkan beribadah, bisa umroh atau haji.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.