Daftar Isi [Tampilkan]

Lunas sudah janjiku pada si bungsu Fakhri tahun ini main ke Pekan Raya Jakarta 2024. Iya, berdua saja, soalnya Rafa dan bapake ga bisa. Sekaligus kami bisa punya pengalaman pertama pergi dan pulang rumah-Jakarta Fair JIEXPO Kemayoran menggunakan transportasi umum, ternyata seseru itu. Yuk, ikuti keseruan kami wisata belanja dan kuliner di PRJ!

Wisata Belanja dan Kuliner di Jakarta Fair 2024, Bikin Ketagihan!

Selama berlangsung di JIEXPO (Jakarta International Expo) Kemayoran, aku baru dua kali berkunjung, lho. Pertama kalinya bertiga di tahun  2022 bersama Rafa dan Fakhri, sedangkan tahun ini berdua dengan si sulung Fakhri, Rabu, 3 Juli 2024. Papanya anak-anak malah belum sempat datang ke PRJ.

Baca: Pengalaman Pertama Berkunjung ke Jakarta Fair 2022 di JIEXPO Kemayoran

Sekilas Tentang Pekan Raya Jakarta

Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair merupakan acara pameran terbesar di Asia Tenggara. Wisata belanja keluarga yang seru dan seakan tiada habisnya membuat masyarakat berduyun-duyun mengunjungi JIEXPO Kemayoran. Ini pengalaman aku bersama si bungsu Fakhri, berbelanja dan bersenang-senang hingga lelah di PRJ 2024.

Pekan Raya Jakarta diadakan untuk memperingati hari jadi Kota Jakarta. PRJ pertama diselenggarakan pada tahun 1968. Di tahun ini, PRJ dimulai sejak 12 Juni hingga 14 Juli 2024. Presiden Joko Widodo dan PJ Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono datang langsung ke lokasi untuk peresmian pembukaan acara PRJ

Kegiatan Jakarta Fair yang diadakan setiap tahun menjadi ajang dan jualan produk-produk industri maupun UMKM. Selain itu acara ini menjadi tujuan wisata belanja dan liburan masyarakat Jakarta dan penduduk luar DKI yang sengaja berkunjung.

Tema PRJ 2024 adalah “Jakarta Fair Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional Bersaing di Pasar Dunia” dan sub temanya adalah  “Galakkan Inovasi, Industrialisasi, dan Kreativitas Maksimal".

Baca: Sarinah, Wisata Belanja, Kuliner, Seni yang Melegenda dan Memikat Hati

• Jumat-Minggu: 19.00-23.00 WIB

Harga Tiket Masuk

• Tiket masuk tanpa konser: Senin-Jumat: Rp50.000, Sabtu-Minggu: Rp60.000
  • Tiket masuk dan konser reguler : Rp80.000 hingga Rp100.000 (Tergantung hari dan jam)
  • Tiket masuk dan konser VIP: Rp100.000 hingga Rp150.000 (Tergantung hari dan jam)
  • Tiket Paket Hemat (Liburan dan keluarga) mulai dari Rp42.000 hingga Rp55.000
  • Lansia di atas 60 tahun gratis (Menunjukkan e-KTP dan hanya berlaku 1 kali kunjungan)
  • Anak-anak dengan tinggi badan di bawah 1 meter gratis  (Wajib melakukan pengukuran di loket)
  • Anggota TNI/ POLRI aktif gratis (Wajib menunjukkan Kartu Tanda Anggota/ KTA TNI?POLRI asli)

Beli Tiket PRJ Online

Aku membeli dua tiket Pekan Raya Jakarta secara online melalui laman jakartafair.co.id untuk Rabu, 3 Juli 2024 dengan harga Rp50.000 per orang (Tiket masuk tanpa konser). Sengaja kami pilih hari Rabu bukan Sabtu maupun Minggu untuk menghindari keramaian yang teramat sangat di sana. Menurut teman-temanku yang sudah sering main ke PRJ, lebih baik datang saat weekday dibandingkan weekend.

Naik Transportasi Umum

Dari rumah di bilangan Jagakarsa, aku dan Fakhri naik JakLingko 44 dari bus stop RS. Aulia, turun di bawah JPO Lenteng Agung. Kemudian kami naik commuter line dari Stasiun Lenteng Agung, turun di Stasiun Juanda, dilanjutkan Gocar Rp35.000 sampai tujuan di Pintu 2 Jakarta Fair. Sebenarnya dekat Stasiun Juanda ada halte bus Trans Jakarta 2C tetapi rupanya antrean sangat panjang. Aku dan Rafa pernah menikmati es krim Ragusa Italia berjalan kaki dari Stasiun Juanda, dekat lho.

Baca: Kuliner Es Krim Ragusa Italia Plus Wisata Kota Tua

Main ke Jakarta Fair 2024 JIEXPO Kemayoran Naik Transportasi Umum

Tiba di Pintu 2A, pintu masuk masih terkunci karena waktu menunjukkan sekitar jam 3 sore lebih. Pukul 15.30 WIB barulah pintu dibuka dan seluruh pengunjung memperlihatkan tiket yang sudah dibeli. Tiket kami tinggal dipindai saja barcode-nya, semudah itu, alhamdulillaah. Petugas memberikan selembar aneka kupon diskon beberapa produk yang bisa ditukarkan dengan membayar dengan harga lebih murah.

Ngapain Apa Saja di Jakarta Fair

Ikut Challenge

Ikutan challenge NPure lari 300 meter menggunakan treadmill selama 120 detik. Fakhri berhasil dan dia dapat Gentle Exfoliation. Sebenarnya hadiahnya ala-ala doang, tetapi anakku ini hanya ingin membuktikan dirinya mampu menyelesaikan challenge hahaha. Sambil ngos-ngosan dia memutar jarum papan undiannya.

Ikut Challenge Lari 300 Meter NPure

Kuliner

Kami tertarik saat melewati booth Master Squid, kelihatan besar banget squid-nya. Jajan sepaket Master Squid dan kentang goreng harganya Rp68.000. Bumbu taburnya boleh pilih suka yang mana. Fakhri pilih bumbu rasa pedas gurih. Ternyata memang gurih dan pedasnya bisa bikin kepengen bersin hahaha.

Kata anakku,”Mbak, kalau makannya utuh begini bisa ga?” Kayaknya dia sayang sama bentuknya yang lucu hihihi. “Nanti susah makannya”, jawab si mbak sambil tersenyum. Jadilah dipotong-potong cumi jumbonya yang awalnya gagah perkasa menjadi potongan yang siap disantap. Baru diangkat dari wajan, jadi lezat banget menikmatinya panas dan pedas. Rasa kentang gorengnya sih biasa aja.

Sosis bakar Fiesta di booth Fiesta juga kami beli. Aku pilih 1 tusuk sosis dan 1 tusuk dimsum, sedangkan Fakhri 2 sosisnya. Harga per satuan sosis bakar Fiesta adalah Rp10.000 dan dimbum 1 tusuk isi 2 buah adalah Rp7.000. Minumnya beli 4 botol air mineral VIT seharga Rp10.000

Oh ya, dari lembaran kupon diskon aku tukarkan pembelian 3 botol Teh Botol Sosro Rp10.000. Pilihan makan malam aku yaitu paket nasi ayam pedas dan VIT Rp45.000. Fakhri sudah kenyang banget makan Master Squid jadi ga ingin makan lagi. Aku cuma segigit dua gigit aja nyobain. Ciki 5 bungkus Rp65.000 jangan sampai terlewatkan, biar afdol hehehe.

Wisata Belanja dan Kuliner di Jakarta Fair 2024

Belanja

Sebenarnya kami sangat ingin belanja macam-macam, namun mengingat kali ini kami naik transportasi umum, jadi dibatasi nafsu belanjanya deh hehehe. Fakhri belanja celana jeans dan kaos Levis setelah diskon 50% menjadi Rp1.000.000. Sempat di awal kedatangan ke PRJ kami mampir di outlet ini tapi produk yang diinginkan dan sesuia kebutuhan anakku diskonnya baru 25%.

Yang diskon besar ukuran buat anakku habis. Maklumlah, Fakhri kan tingginya 184 cm, beli sepatu aja mesti ukuran 46 atau 47 wkwkwkwk. Untungnya ketika malam hari kami balik lagi ke sini, dapat diskon 50% celana jeans yang cocok buat Fakhri. Kaosnya juga ada ukuran yang sesuai dan diskon 50% alhamdulillaah.

Aku beli 4 buat tas ala-ala di rak terbuka yang dikerumini ibu-ibu di sebuah toko tas UMKM Andrano. Harganya sangat murah, hanya Rp50.000 per satuan hehehe. Lumayan, dipakai ke minimarket atau motoran sambil jajan soto dekat rumah. Selain itu aku juga kami beli Careso body mist 3 botol hanya Rp99.000. Pilihanku varian jasmine blossoms. Sempat juga beli keset 3 pcs cuma Rp100.000.

Naik Wahana Kora-Kora

Nah, yang satu ini sudah niat banget anakku kepengen naik, namanya Kora-kora. Harga tiketnya Rp30.000. Aku menunggu dan mendokumentasikan saja, duduk manis sambil minum es kopi gula aren Alfamart seharga Rp10.000. Lumayan cukup lama juga durasinya. Anakku duduknya cari posisi aman di 2/3 bagian, jadi tengah agak kakan sedikit, bukan di ujung.

Rupanya ada perbedaan wahana ini dibandingan dua tahun lalu, masih menggunakan tenaga manusia untuk menghidupkan/ mengaktifkannya mereka dulu jumpalitan. Sekarang sudah full mesin haha baguslah. Hanya saja kalau aku boleh memberikan saran, mohon ditingkatkan lagi SOP keamanannya ya. Semoga di tahun mendatang lebih baik lagi.

Naik Kora-Kora

Saatnya Pulang

Kami pulang malam Jakarta Fair sekitar pukul 22.00 WIB. Malah si kasep ga mau pulang hahaha. Jangan sampai berbarengan dengan pengunjung lain yang nonton konser, makin ramai benar nantinya. Pesan Gocar ternyata sopirnya berada di seberang jalan, ga ada JPO jadi susah banget. Akhirnya kami naik Goride sendiri-sendiri motoran Rp14.000 dari pintu 2 PRJ /halte bus Trans Jakarta ke Stasiun Juanda, lalu sampai di Stasiun Lenteng Agung.

Dari Stasiun Lenteng Agung tepatnya di bawah JPO arah Pasar Minggu kami naik Gocar ke rumah yang jaraknya hanya sekitar 1,5 km. Tiba di rumah dengan selamat tanpa kurang suatu apapun. Alhamdulillaah. Rencana tahun 2025 mau ke PRJ lagi insya allah berempat. Semoga sehat dan terealisasi aamiin. Teman-teman bisa tonton video keseruan kami di PRJ di Instagram aku ya. Sampai jumpa!

50 comments:

1. Jakarta Fair pasti seru banget yaaaa 🤩

Berharap kegiatan seru dan inovatif seperti ini di adaptasi di kotaku. Jadi bisa diceritain dan dibagikan juga keseruannya. ~huhu

Replies
    1. Seruuuunya ga habis2 hahaha :D Hayuklah dateng ke Jakarta tahun depan PRJ ada lagi, Rahman :D

Delete
  2. Ya allah serunyaaaa 😍😍😍😍😍. Aku gagal lagiiii ke prj thn ini mbaaa hahahahahah. Mau bilang krn liburan bareng keluarga, tapi toh prj sampe sebulan 🤣.

Tapi beneran thn depan aku bakal dataaaang 😄😄😄. Krn ga ada plan ngetrip juni sampe juli 2025, mendingan ajak anak2 ke prj. Bisa borong chiki hahahahahaha. Ama nonton konser ya mbaa 😄.

Ga kebayang aku naik kora2 tapi digerakin ama tenaga manusia 🤣🤣🤣. Aku emoh naiknya kalo begitu hahahahah

Replies
    1. Hahahaha kuy lah 2025 didatengin JIEXPO Kemayoran, mbak Fan. Pilih hari biasa aja kayak aku gini biar ga berdesak2an jalan di area PRJ-nya :D SIp2 happy shopping tahun depan ya dan kulineran :)

Delete
  3. wahh seru banget main-main disana. Tapi aku males banget kalo sendirian apalagi disana pasti rame banget, harus hati-hati dengan brang bawaan....

Newsartstory

Replies
    1. Enaknya ajak teman atau siapa deh buat nemenin hehehe. Tas taro di depan badan biar aman.

Delete
  4. Seru banget ya mbak nurul bisa jalan bareng Fahri berdua dan bisa menikmati segala yang ada di PRJ yang enak enak...aku dong jadi pengen ngicip pas bagian makan di fiesta, ada sosis ama cuni cumi hahhahahha...lapar...

dan ciki cikian dijadiin bungkus gitu menarik ya...tapi kalau naik kora kora aku juga ga berani mba nurul...takut mual karena diayun ayun dan ketinggian hahahha...ini cocoknya buat penyuka arena bermain ekstrem nih

Replies
    1. Serunya belum habis hahaha... :D Iya, next year mau lebih banyak lagi belanja macam2 :D

Delete
  5. Wah seru ya PRJ, ngebayangin gedenya event pameran ini sampe ada kora kora nya hehe jadi inget sekaten kalo di Jogja 😁

ReplyDelete
  6. Pulang bawa banyak belanjaan, dan bisa main-main bareng anak. Menyenangkan, mbak :-)

7. ya ampun itu berani naik kora-kora ya haha, aku pernah coba naik asli pusing banget dan kapok ga mau-mau lagi. PRJ seseru itu ternyata lengkap banget bisa hunting macam-macam ya.

Replies
    1. Brani anakku mah hahaha :D Lengkap, luass asal kuat aja jalan kaki terus hahaha :D

Delete
  8. dah lama banget gak ke jakarta fair. terakhir kali pas sebelum pandemi kalo gak salah. jf itu selalu meriah dan rame diskonnya.

1. Segala ada di Jakarta Fair. Asal kuat fisik dan kantongnya hahaha :D

Delete
  9. Wah, seruuu, Mbak Nurul! Memang puas kalau ke PRJ, kulineran, cari diskonan, ...seneng pokoknya. Aku dah beberapa kali berkunjung ke PRJ. Tahun ini aku absen ,karena cuma bertiga, si bungsu gamau, hihi...biasa komplit berempat perginya. Anakku juga paling suka ikutan challenge-nya...menantang meski hadiahnya ala-ala ya..:)

Replies
    1. Iya, mbak Dian. AKu pun berharap bisa ke PRJ berempat tapi apa daya cuma berdua wkwkwkw. Diskonan dan macam2 ada pokoknya senang banget :D

Delete
  10. ya ampun fahri tinggi banget yaa masih SMA kan ya mbak kalau nggak salah? seru banget yaa pastinya ngedate bareng si bungsu ke PRJ. penasaran juga nih saya sama PRJ ini semoga nanti bisa ke sana juga kalau ke Jakarta

Replies
    1. Iya mbak, Fakhri kelas 11 sekarang hehehe :D Aamiin, tahun depan cuuuzzz.

Delete
  11. Aku gak kesampaian mau ke Jakarta Fair tahun ini karena pas gak ada yang anter padahal pengin banget. Malah kemarin malah nitip belanja sama teman yang ke Jakarta Fair. Padahal seru banget lihat instagram teman-teman yang kesana kemarin. Banyak banget yang pengin ku coba tapi belum rezeki ke sana.

Replies
    1. Aku malah kepengen beli troli jadi biar enak bawa belanjaannya hahaha tahun depan insya allah.

Delete
  12. Seru memang naik transum ke sana, apalagi pas dari sana menuju rumah, jadi bawa gembolan hehe.
    Daku pikir mbak Nurul via stasiun Kemayoran/Rajawali, eh ternyata turun di Stasiun Juanda ya.
    Daku malah nggak ke PRJ tahun ini.
    Semoga tahun depan ada kesempatan lagi ke sana.

Replies
    1. Iya, aku pilih dari St. Juanda naik Gocar aja. Sip2 tahun depan ada cerita PRJ lagi deh hehehe.

Delete
  13. Seru bangeeet! Si abang udah gede banget yaa. Aduh tahun ini nggak kesampaian ngajak anak-anak ke PRJ. Padahal pingin ngajak mereka biar melihat keriaan PRJ sekalian aku nostalgia juga waktu masa kecil diajak ke PRJ. Satu hal yang paling diingat adalah setiap dari PRJ pasti beli hampers chiki. Hihihi. Semoga tahun depan bisa ikutan.

Replies
    1. Iya, bongsor dia hehehe. Hampers ciki emang gemesin, gede tapi ringan. Mau borong banyak bingung bawanya hahahahahah :D

Delete
  14. Selalu seru kalau ke PRJ ya. Kalau aku kemarin ini ke PRJ ikutan cahllenge di booth Scarlett lumayan dapat free produk banyak. Malah gak mampir ke booth Npurea Suka kalap ga sih kalau ke PRJ? hihihi
    Duh itu Squid gede-gede banget

Replies
    1. Seru banget.Oh gitu, iya hadiahnya lumayan lah.

Delete
  15. seneng kalau tempat belanja yang lengkap pas expo disediakan juga spot buat foto2 hahaha. aku sampai sekarang belum pernah main ke PRJ. pengen ikutan challenge gitu biar dapat gratisan hahaha

1. Iyaaaa. Hayuk donk biar ga penasaran tahun 2025 datang ya :D

Delete
  16. Ka Nurul uda punya "Guard" eeuiii..
    Seneng banget jalan ama ananda tersayang ke Jakarta Fair 2024.
    Akutu kalau dateng ke acara seperti ini, pasti langsung nyobain kuliner yaa.. Karena kan kapan lagii.. ada kulineran yang unik-uniiik.. Kaya si squid ini uniik banget, hihihi..

Tapi kalo liat tas harga 50ribu... pantang dilewatin siih..
    Mayan yaa.. bisa buat dikasih ke ibu atau mamah mertua jugaa.. ((kembaran))

Replies
    1. Hahahahhaha alhamdulillaah. Iya macam2 jajanannya mana murah2 banyak paket dan hadiahnya.

Delete
  17. Sudah lama saya dengar istilah PRJ sampai2 rasanya penasaran apalagi ketika membaca pengalaman teman2 blogger seperti yang Mbak Nurul tuliskan ini, makin penasaranlah saya ... semoga nanti kesampaian melihat dari dekat.

1. Aamiin. Semoga ya mbak Mugniar, suatu hari nanti kesampaian main ke PRJ :D

Delete
  18. Seru nya bisa kulineran dan belanja hingga naik wahana di PRJ 😍. Biasanya aku pun ke PRJ mba, namun tahun ini qodarullah lagi padat merayap kerjaan jadilah enggak keburu terus tiap mau agendain ke PRJ.

Tertarik padahal aku sama belanja serba promo dan diskon, terus kulinerannya pun oke banget, variatif sangat.

Replies
    1. Iya mbak Lala. Menarik semua produknya soalnya diskon dan bisa dapat gratisan juga hehehe.

Delete
  19. Tiap tahun untuk memperingati hari jadi Jakarta selalu ada Jakarta Fair. Selalu menarik untuk dikunjungi. Entah mau nonton konser, belanja atau makan. Wow, diskonnya bisa gede banget gitu, yaa.

ReplyDelete
  20. Saya dulu pertama kenal Istilah Jakarta Fair saat masih kecil, menemukan dalam buku bacaan. Saat itu rasanya kok asyik banget acaranya ini, terus berkhayal alangkah senangnya kalau acara ini bukan hanya ada di buku cerita.

Setelah dewasa, baru tahu kalau ternyata, acaranya beneran ada, diselenggarakan tiap tahun sejak 1968. Dan ternyata emang seru ya kalau datang ke sana

Replies
    1. Asyik banget mbak. Yuk kapan2 pas datang ke Jakarta mampirin PRJ di bulan Juni-Juli.

21. Bakalan kalap sudah kalau saya di sana haha
    Makanya nih Om yang di Jakarta kalau ada event ini selalu video call
    Saking serunya dan banyak barang barang yang bisa dibeli dengan harga yang beda dari biasanya katanya
    Hmm... penasaran dong!

Replies
    1. Omnya pasti ngeborong juga hahaha :D Iya seru banget main ke PRJ!

Delete
  22. Wahh... aku blm sempat ke PRJ. yahhh sudah kelar ya. pdhl byk barang murah meriah disana

1. Tahun depan mbak, jangan sampai terlewatkan lagi hehehe :D

Delete
  23. Jujur saya baru tahu kalau Jakarta Fair itu bayar. Padahal saya pernah ikut pameran selama 5 hari. Hihihi. Kalau tidak salah waktu itu tahun 2002 atau 2003. Sudah selama itu dan kenangannya masih banyak yang membekas. Saya banyak mencoba produk baru yang berkelas dan agak kebablasan belanja. Gimana, ya... waktu itu jaga stand dibayar harian dan kapal belanja nyaris habis uang gajinya. hihihi

Replies
    1. Mungkin zaman dulu PRJ di Monas ya hihihihi :D Memang banyak godaan hahaha produk2 macam2 mana banyak diskon. Jangan sampai ga dibeli wkwkwkwkwkw :D

Delete
  24. Bisa nih ajak istri ke sini kalau ada PRJ lagi, soalnya udah lama banget ga ke PRJ, pasti banyak wahana dan hiburan baru. Makasih banyak Bun infonya 👍👍

Replies
    1. IYa, semoga tahun depan mas Andri sempat ke PRJ ya ajak istri juga :)

Delete
  25. Datang ke PRJ EMANG selalu nangih. Aku hampir setiap tahun datang, mba. Dan setahun bisa dua kali datang. Hehhee. Aku belum pernah naik kendaraan umum tapi makasih referensinya ya mba. Teryata lebih memudahkan naik motor online aja ya sendiri sendiri. Duh pasti mau borong banyaak

Replies
    1. Kalau belanjanya ga banyak mendingan naik transportasi umum. Kecuali kalau ngeborong segambreng beda lagi ceritanya hehehe.

Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.