Daftar Isi [Tampilkan]

Siapa bilang tanaman hanya disukai bapak-bapak, ibu-ibu dan lansia? Bahkan balita, anak-anak dan remaja pun tak kalah semangatnya berbondong-bondong datang ke FLONA 2024. Ajang pameran aneka flora dan fauna yang berlokasi di Taman Lapangan Banteng ini cocok menjadi wisata edukasi keluarga yang menyenangkan.

Pameran FLONA 2024, Wisata Edukasi Keluarga Pencinta Tanaman dan Hewan

Berkali-Kali Main ke Lapangan Banteng

Dadakan, hari Sabtu, 6 Juli 2024 aku diajak suami, Aa Rahmad berkunjung ke pameran FLONA. Awalnya kami mau coba naik commuter line, namun berubah pikiran ke sana naik motor Mio. Eh, karena langit kelihatan mendung dan ada tanda-tanda bakalan hujan, akhirnya kami putuskan naik mobil pribadi aja.

Ternyata benar, hujan turun perlahan saat kami berada di perjalanan. Lama-lama hujan semakin deras dan sesekali kilat terdengar cukup kencang. Kami tiba di Lapangan Banteng sekitar pukul 12.00 WIB dan parkir mobil pun gampang. Iya, kalau ga hujan, tak semudah itu pengunjung dapat area parkir kendaraan, gaes. Padahal aku ngambek kepengen pulang aja, daripada basah-basahan 😍


Pameran FLONA 2024, Wisata Edukasi Keluarga Pencinta Tanaman dan Hewan
Pameran FLONA 2024 di Taman Lapangan Banteng (Sabtu, 6 Juli 2024)

Sabtu berikutnya, 13 Juli 2024 aku dan suami main ke FLONA lagi. Rafa dan Fakhri turut serta. Supaya mereka tahu dan up date kegiatan seru yang sedang berlangsung di Jakarta. Mumpung Rafa masih libur kuliahnya di Bandung. Ada iming-iming juga sih, makan siangnya All You Can Eat hahaha, mereka mau deh. 

Setelah dua tanggal tersebut, suamiku masih semangat berkunjung ke FLONA. Ada yang sendirian, ada juga dia mengajak teman sekantornya, healing lihat yang serba hijau, tapi bukan "daun muda" yach hihihi. Selalu ada alasan Aa Rahmad mampir terus ke pameran tersebut. Aku sih ga begitu suka tanaman, cukup sebagai penikmat saja.

Mengusung tema "Jakarta Global Hijau Memesona", pameran flora dan fauna, Flona 2024 menghadirkan berbagai jenis tanaman hias, tanaman buah, tanaman obat, serta hewan peliharaan. Selain itu, ada pula kuliner Nusantara, beragam booth UKM dan anjungan kota di Jakarta. Acara ini berlangsung mulai 5 Juli sampai 2 Agustus 2024! Harga tiket masuknya nol rupiah alias gratis, teman-teman.

Baca:

Wisata Taman Mataram Jakarta Ada Patung Kosmonat Yuri Gagarin

4 Spot Instagramable dan Mitos di Kebun Raya Bogor

Wisata Hutan Mangrove Kulon Progo

Apa Itu Pameran FLONA?

Pameran FLONA (Flora dan Fauna) merupakan salah satu pameran tahunan yang diadakan oleh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta. Aneka flora dan fauna bisa dilihat dan dipegang oleh pengunjung. Ga hanya itu, di sini juga tersedia tanaman herbal, tanaman hias, tanaman buah, kuliner Nusantara, booth dari berbagai UMKM serta 165 stan dari Dinas Pertanaman dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta.  

Stan Jakarta Pusat menampilkan Gadung Stovia, Jakarta Utara menghadirkan Kampung Portugis dan Jakarta Barat menonjolkan nuansa Chinatown dengan pecinan Glodok nan cantik. Adapun Jakarta Selatan menampilkan Kawasan Little Tokyo Blok M, Jakarta Timur menghadirkan stan Kampung Arab dan Kepulauan Seribu bernuansa Pulau Macan.

Ada juga instalasi Taman Margasatwa Ragunan alias mini Ragunan Zoo yang memperlihatkan hewan-hewan yang sudah diawetkan, seperti rusa, harimau, zebra, replika telur dinosaurus dan banyak lagi. Apakah berbayar? Tentu tidak, teman-teman. 

Saat masuk ke dalam area mini Ragunan Zoo, pengunjung hanya diminta menuliskan nama dan nomor telepon di buku daftar pengunjung. Cukup perwakilan saja, misal keluarga kecil berempat hanya seorang saja yang registrasi. 

Filosofi FLONA 2024

Filosofi FLONA 2024 penuh dengan warna yang indah. Warna hijau melambangkan Jakarta dengan lingkungan yang hijau. Pohon melambangkan kekuatan Jakarta yang hampir berusia 500 tahun dan tumbuh menjadi pohon besar, kuat dan penuh manfaat.

Dilansir dari laman news detik, kupu-kupu melambangkan transformasi Jakarta menjadi kota global dengan jumlah yang banyak serta jutaan pesona Jakarta. Adapun warna kupu-kupu juga merupakan representatif dari lima benua. Benua Asia berwarna kuning. Benua Amerika berwarna merah, Benua Australia berwarna hijau, Benua Afrika warna hitam, dan Benua Eropa dengan warna biru. Nuansa warna tersebut menunjukkan Jakarta setara dengan kota-kota di benua lain.


Pameran FLONA 2024, Wisata Edukasi Keluarga Pencinta Tanaman dan Hewan
Pameran FLONA di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat

Lokasi dan Jam Buka

Pameran FLONA 2024 berlokasi di Taman Lapangan Banteng, kawasan Gambir, Jakarta Pusat. Jam operasional mulai pukul 06.00 sampai 20.00 WIB. Taman Lapangan Banteng direvitalisasi dan diresmikan pada tahun 2018. Terdapat jogging track dan spot photo instagramable yang sayang jika dilewatkan. Kabarnya sih, pameran akan diperpanjang hingga 25 Agustus mendatang.


Pameran FLONA 2024, Wisata Edukasi Keluarga Pencinta Tanaman dan Hewan
Cantiknya Tanaman di Pameran FLONA 2024

Fasilitas

Sebagai pendukung wisata keluarga, acara FLONA di sini dilengkapi fasilitas yang cukup baik, meskipun mungkin masih ada kekurangan kuantitas dan kualitasnya. Semoga saja di tahun mendatang dan seterusnya fasilitas di Taman Lapangan Banteng dapat diperbaharui atau ditambah lagi. 

1. Area Parkir 

Tersedia untuk kendaraan pribadi beroda empat dan roda dua. Biasanya di sisi jalan raya sekitar Taman Lapangan Banteng. Tak menutup kemungkinan parkir paralel jika mobil sangat banyak. Ada petugas yang berjaga-jaga di sana, memakai semacam tanda pengenal dikalungkan di leher. Sekali parkir mobil dikenakan biaya Rp20.000.

2. Pujasera

Café, coffee shop, tempat makan semacam pujasera pun ada di pameran FLONA. Harga makanan dan minuman tertera jadi ga usah khawatir bakalan ditembak ya. Malah booth jajanan ala Jakarta maupun citarasa lain banyak sekali di sana. Pedagang kaki lima terlihat memenuhi trotoar dan ramai disinggahi pengunjung pameran.

3. Gazebo

Meskipun jumlahnya tak banyak, namun bolehlah ditempati untuk beristirahat sejenak. Sambil menikmati kuliner juga memandang area serba hijau, aneka tanaman hias, tanaman buah dan herbal.

4. Toilet 

Toilet pria dan wanita tersedia, namun kapasitasnya sangat terbatas. Masing-masing hanya memiliki sekitar 3 ruangan saja. Saat pengunjung pameran FLONA membludak, sepertinya harus sabar dengan antrean super panjang. 

5. Musala 

Musala mini ada tetapi ukurannya sekotak kecil. Lumayanlah buat salat masih bisa berjamaah 10 hingga 15 orang. Aku dan suami sempat salat zuhur di tempat ini saat datang hujan-hujan di hari Sabtu pertama. Ketika Sabtu minggu depan, kami termasuk anak-anak salat di musala yang berbeda. Nah, yang ini ada AC dan lebih nyaman, meskipun ukurannya terbilang kecil juga.

Selama 3,5 jam aku dan suami berada di lapak Risky Adenium @kembangjaya63996 Ternyata semalam sebelum kami berkunjung ke sini, suamiku sudah chat via Whatsapp soal tanaman. Ternyata memang koleksi tanaman Risky bagus, unik, ada lokal dan impor. Terutama pelayanannya sangat ramah dan sabar menjelaskan dan menjawab pertanyaan para pembelinya, khususnya suamiku hehehe. 


Pameran FLONA 2024, Wisata Edukasi Keluarga Pencinta Tanaman dan Hewan
Belanja Tanaman di Lapak Risky Adenium



Pameran FLONA Flora Fauna 2024, Wisata Edukasi Keluarga Pencinta Tanaman dan Hewan
Socotrum, Soco Black Dragon, Godji Arabicum, dan Adenium Daun Varigata.

Niat dari rumah pengen beli 1 tanaman saja. Sesampainya di sana, hasil belanjaan kami ada empat deh, yakni: Socotrum, Soco Black Dragon, Godji Arabicum, dan Adenium Daun Varigata. Di hari Sabtu kedua, suamiku membeli 1 tanaman lagi, padahal sudah bilang di rumah ga akan belanja lagi. Tahu ga sih, kelas makan siang AYCE Omamori suamiku mengajak aku dan anak-anak masuk lagi ke area pameran, duh gusti. 

Alhamdulillaah rezeki dapat harga spesial dan bonus satu tanaman kecil. Kata mas Risky, karena kami hujan-hujanan rela berlama-lama jadi istimewa deh hahaha. Terutama alasan kami sebagai customer penikmat tanaman, bukan untuk dijual. Terima kasih ya mas Risky dan Pak Pandi.

Anjungan Kota di Jakarta

Saat Sabtu, 6 Juli 2024 lalu saat aku dan suamiku datang ke pamera ini, hujan sangat deras sejak pagi hingga sore dan beberapa anjungan ditutup sementara. Silakan tonton video reels FLONA part 1 Sabtu, di Instagram aku. 

Nah, Sabtu kedua kemarin, 13 Juli 2024 cuaca terang benderang, jadi kami bisa masuk ke instalasi Taman Margasatwa Ragunan, mengelilingi dan masuk ke anjungan Pecinan, Little Tokyo, serta jajan makanan dan minuman di sana. Selamat menonton reels FLONA part 2 😂


Pameran FLONA 2024, Wisata Edukasi Keluarga Pencinta Tanaman dan Hewan
Sebagian Anjungan Kota di Pameran FLONA 2024


Pameran FLONA Flora Fauna 2024, Wisata Edukasi Keluarga Pencinta Tanaman dan Hewan
Instalasi Mini Ragunan Zoo di FLONA 2024

Oh ya, Fakhri sempat foto bersama pasangan Abnon yaitu Harapan I Abang Jakarta Pusat 2023 dan Finalis None Jakarta Pusat 2023. Sesaat sebelum aku cekrek foto dengan smartphone, aku melihat Fakhri sedang diajak ngobrol oleh Abang. “Nanti kalau kamu sudah kuliah, daftar Abnon ya. Siapa tahu bisa seperti saya”, begitu kata Fakhri bercerita padaku kemudian. 

Pameran FLONA 2024, Wisata Edukasi Keluarga Pencinta Tanaman dan Hewan
OOTD di Pameran FLONA 2024

Suamiku ternyata membeli beberapa tanaman lagi tanpa sepengetahuanku ahahahaha. Dia bilang,"Sebentar lagi ada Gosend sampai rumah. Aku habis beli tanaman di Lapangan Banteng", ujarnya melalui WA. Hadeuh, sudah dua kali nih. Bisa aja Aa Rahmad hhhmmm. 

Semoga koleksi tanamannya tetap hidup ya aamiin, kan sayang duitnya wkwkwkwkw. Selain lapak Risky, ada lapak lain yang dikeker suamiku, namanya Abi. Beberapa hari lalu tanaman dengan pot besar sampai di rumah kami. Semakin penuh deh taman kecil diberanda rumah. Tanaman Cabang Seribu 2 pot dan Somalen 2 pot.


Pameran FLONA 2024, Wisata Edukasi Keluarga Pencinta Tanaman dan Hewan
Tanaman Cabang Seribu dan Somalen Dibeli di Lapak Abi 

Sebenarnya ada juga aneka fauna di pameran FLONA ini. Aku melihat video di Instagram, binatang-binatang yang menggemaskan seperti kucing, reptil, burung, kura-kura dan sebagainya. Namun saat kami berkunjung sepertinya fauna ini tidak tampak atau mungkin belum ditampilkan karena hujan maupun cuaca sedang panas-panasnya. 

Untungnya, pohon-pohon besar di Lapangan Banteng masih terjaga, segingga cukup membuat pengunjung nyaman dan sejuk. Banyaknya pilihan tanaman di sini juga menjadi surga bagi para pecintanya. Mereka datang silih berganti memasuki setiap booth penjual tanaman. Walaupun hujan masih terus membasahi, tak membuat beberapa pengunjung mengurungkan niatnya membeli tanaman.



52 comments:

  1. Cantik2 bunganya, aku hanya sebagai pengagum bunga tapi gak bisa merawat. Banyak tanaman dr rumah ibuku , akubawa ke rumahku mati semua. Jd lebih suka jadi pengagum bunga cantik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orangtuaku dan suamiku yang deman tanaman. AKu sebagai penikmat aja hehehe :D

      Delete
  2. Waaaa pameran tanaman, saya suka, ada tanaman sirih2an g mbak disana... :D

    ReplyDelete
  3. Seru juga jalan2 ke pameran Flora dan Fauna. Mana suasana hujan pula. Tambah syahdu.

    Saya jg penikmat tanaman dan hewan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haseeeekkk :D Penikmat flona itu menyenangkan ya mas.

      Delete
  4. Kalo suami memang dingin tangannya terhadap tanaman, biarin aja mba 😁😄. Kalo aku dan suami memang tangan panas. Mau tumbuhan apapun mati hahahahaha. Aku jd kapok nanam2 setelah kaktus aja mati.

    Baru tahu loh ada acara flona ini. Kalo mama ku di sini, bisa borong banyak kali dia🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hahaha :D Ajakin ammahnya mbak main ke pameran FLONA. Masih ada nih sampai 25 Agustus, diperpanjang :)

      Delete
  5. Mantap banget, bisa liat beragam flora dan fauna, gratis pulak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya donk, lihat2 tanaman, kulineran sekalian.

      Delete
  6. Seger mata liat warna warni bunga dengan desain yang keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mata jadi rileks lihat yang serba hijau dan berwarna segar :)

      Delete
  7. Bolak-balik ke FLONA 2024 di Lapangan Banteng udah begitu niat hati beli satu tanaman eh tahunya empat, eh terus beli lagi. Ahahaha ... berasa banget nih suaminya Teteh penghobi tanaman sekali. Cakep yaaaa ternyata kalau sedang ada pameran di sana jadi ada instalasinya gini. Seru nih kalau ajak anak-anak buat lihat-lihat tanaman di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahahahaha itulah ya suamiku :D Seruuu, banyak bocils di sana sama emak2nya belanja tanaman dan kulineran :)

      Delete
    2. Kulineran. Wadudu .. kan aku baca kata begini auto kepengen tengok juga, Teh. Apalagi kan Lapangan Banteng itu dekat banget sama Stasiun Juanda. Jadi event ikon di Lapangan Banteng banget ya, FLONA ini.

      Delete
    3. Deket kok dari Stasiun Juanda :D Yuk datengin jangan sampai terlewatkan :D

      Delete
  8. Ujan jauh lebih menyenangkan kalau diabadikan, ehehhehe.
    Tapi memang tidak bisa bergerak seleluasa kalau gak ujan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya ya jangan sampai ga ada dokumentasinya wkwkwkwkwk :D

      Delete
  9. Ini yang deket lapangan banteng gak sih ? Yang mau ke arah mashid istiqal atau katedral itu bukan ? Baru tahu ada tempat itu, tks infonya



    Newsartstory

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, di taman Lapangan Banteng. Yes. Sami2.

      Delete
  10. Salfok sama foto yang di awal..Cakeeeep banget, ya modelnya ya latarnya, hijau, warna-warni bunga di tengah syahdunya cuaca. Keren!
    Btw, kalau sudah hobi memang berasa surga pameran FLONA ini bagi Pak suami ya Mba Nurul. Saya saja yang baca cerita dan lihat fotonya berasa ikut menikmati...Pasti adem lihat koleksi di lapak-lapak tanamannya, mana bisa sekalian kulineran juga. Wah, semoga bisa ke sini juga mumpung masih buka pamerannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe thanks mbak Dian :D Adem banget deh apalagi pas hujan turun cukup deras. Yuk, masih buka sampai 25 Agustus.

      Delete
  11. Ya ampun, pasti penggemar tanaman dan hewan senang dengan event seperti ini. Semoga aku berkesempatan juga untuk datang tahun depan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih bisa kok kan diperpanjang sampai 25 Agustus 2024.

      Delete
  12. Asli ya, suasana Jakarta jadi sejuk kalau lihat pameran kaya gini. Lokasinya seperti enggak di Jakarta lho. Pameran kaya gini bagus banget buat pemilik toko bibit bunga dan UMKM lainnya, produk mereka jadi lebih dikenal orang banyak. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, berasa di daerah mana gitu ya hahaha :D Kemon datengin, santai2 lihat2, beli tanaman, jajan2 :D

      Delete
  13. Tanaman yang dipamerkan cakep cakep. Bagi penyuka dan yang memiliki hobi merawat tanaman, ini pasti jadi hal yang relaxing dan menyenangkan. Bisa menemukan banyak bunga atau tanaman baru yang bisa dipinang untuk dirawat dirumah hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, betuuul banget. Pikiran pun jadi lebih segar.

      Delete
  14. Wah Lapangan Banteng sekarang makin rame aja ya ditambah adanya pameran flora dan fauna. Pameran ini harus ada terus sih untuk mengenalkan flora dan fauna juga, tempatnya jadi terlihat jadi nyaman dan teduh karena banyak tanamannya. Akhirnya bawa pulang juga yaa oleh-oleh tanaman, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah belanja beberapa pot tanaman hihihi. Semoga pameran FLONA di tahun mendatang seterusnya akan lebih baik lagi terutama fasilitasnya.

      Delete
  15. Dari bagian depan pameran aja udah bagus apalagi dalamnya ya. Saking cantiknya ke sana 1x juga gak cukup ya Kak. Apalagi ada tanaman yang imuut dan bisa dibeli, alhamdulillah dibonusin pula. Bisa healing sambil lihat tanaman walau posisinya di kota, enggak harus ke perkebunan / hutan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah iya...malah suamiku udah 4 kali ke sana wkwkwkw Diam2 belanja tanaman lagi tau2 di rumah udah ada :D

      Delete
  16. Berkali-kali ada pameran flona di lap. Banteng dan aku belum pernah ke sana. Beberapa kali sudah rencana mau ke sana tapi batal terus. Cakep padahal ya. Ada anjungan Jakarta juga. Moga bisa ke sana juga

    ReplyDelete
  17. Berasa sejuk ya kalo banyak tanaman gini di Jakarta. Bisa ngebantu ngurangi polisi n jalan2 ke sana juga bisa merilekskan pikiran

    ReplyDelete
  18. Seru banget punya pasangan yang satu frekuensi suka dengan tanaman, kan bisa jadi ngurusnya baren-bareng, ya.
    Ini asli pameran Flona nya dikonsep dengan apik, sampai anjungannya berkonsep dengan tataan yang bagus. Masih ada waktu, ya, buat berkunjung ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suamiku sih yang urus tanaman hahahaha aku penikmat aja dan nemenin beli wkwkwkwkwwk :D Masih, sampai 25 Agustus kok.

      Delete
  19. Hahaha... dari satu beranak jadi empat tentengannya.. kalap belanja tanaman hihi..
    Tapj seneng kalo bisa ngerawat tumbuhan mah, yang repot ya kaya aku.. gabisa ngerawat tanaman, jangan yang hias-hias begitu, daun bawang doank aja mati wkwkkwk
    Ya Allah.. bener yaa ada tangan yang 'panas'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huanananana iya Rafa :D Seneng belanjanya aku mah sambil jajan :)

      Delete
  20. ngebaca artikel ini aja aku kek ngerasa tenang banget apalagi ada keajaiban buat berkunjung ke sini

    ReplyDelete
  21. Ihhhhh seru bangeeett keliatannyaaa!
    sebagai orang yang juga sangat suka bunga bungaan seperti ini pengin deh kesana.

    ReplyDelete
  22. Seneeengg liat ginian tapi giliran beli dan dibawa pulang suka susah ngrawatnya dan ngga sebagus kl liat di pameran, huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehehe...... Bisalah dirawat baik2 tanamannya di rumah.

      Delete
  23. Liat bunga bunga itu memang enak dan menenangkan. Tapi buatku yang cuma suka menikmatinya yaa enak2 aja. Paling nggak bisa untuk merawat bunga, auto nyerahhh

    ReplyDelete
  24. Saya malah belum pernah singgah ke Jakarta, hahaha tapi istri juga ngebet banget ke Jakarta, semoga pas ke sana ada pameran Flona juga, menarik sepertinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga ya kapan2 pas ke Jakarta bisa main ke Flona.

      Delete
  25. dulu, aku sekeluarga sering ke sini juga mba. seruuu... tapi semenjak pindah rumah, lahan berkebun berkurang, jadi belum pernah ke sana lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kapan2 bisa mampir ke Flona lagi ya :D

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.