Daftar Isi [Tampilkan]

Yogyakarta memang penuh misteri. Daya tarik yang dimiliki kota pelajar ini selalu mengobati hati yang luka, suasana hati gundah gulana, bahkan membawa perasaan riang gembira dan bersuka cita. Yogyakarta, senantiasa mengabadikan apapun, di manapun kita singgah dan meninggalkan. Setuju bukan jika Jogja itu romantis, bisnis dan penuh kenangan manis? 


4 Rekomendasi Hotel EPIC di Yogyakarta: Romantis, Bisnis, Penuh Kenangan Manis



Padahal aku bukan orang Jogja. Abdi mah urang sunda ti Bandung. Lahir di Bandung dengan orangtua asli Bandung kemudian dibesarkan dan tinggal di Jakarta, hingga setua ini. Anehnya, kenapa Yogyakarta selalu hadir dalam ingatan? Saat berlibur, saat membuka album foto keluarga, ketika hendak mendaftarkan anak kuliah, terutama saat hendak makan. Sepakat banget dengan lirik lagu Yogyakarta yang dibawakan oleh KLA Project.


Pulang ke kotamuAda setangkup haru dalam rinduMasih seperti duluTiap sudut menyapaku bersahabat, penuh selaksa maknaTerhanyut aku akan nostalgiaSaat kita sering luangkan waktuNikmati bersamaSuasana Jogja

4 Rekomendasi Hotel EPIC di Yogyakarta: Romantis, Bisnis, Penuh Kenangan Manis

1. Hotel Graha Kinasih Kotabaru

Dua kali sudah aku sekeluarga beristirahat dan bobo cantik di Hotel Graha Kinasih Kotabaru, yakni saat liburan di tahun 2015 dan 2018 silam. Apa sih magnetnya? Meskipun hotel bintang 1, Graha Kinasih Kotabaru memiliki akomodasi dengan fasilitas dan pelayanan yang baik. 

Lokasi hotel berada di Jalan Ungaran 1/ Jalan Serma Taruna Ramli No. 1, Gondokusuman, Yogyakarta 513370. Hotel ini cocok untuk pebisnis, liburan romantis, keluarga harmonis maupun siapa saja yang membutuhkan kenyamanan dengan harga terjangkau. Ulasan di Traveloka 8,8 mengesankan, banyak tamu yang puas dan ingin kembali bermalam lagi di Graha Kinasih Kotabaru. 

Ternyata bukan omong kosong. Aku pun terkesima dengan suasana Hotel Graha Kinasih Kotabaru yang bersejarah. Ya, heritage hotel ini unik, tiada duanya. Coba lihat desain arsitektur lobby, ruang tamu dan menonton tv, ruang makan beserta kamarnya. 


4 Rekomendasi Hotel EPIC di Yogyakarta Romantis, Bisnis, Penuh Kenangan Manis Traveloka Affiliate
Hotel Graha Kinasih Kotabaru Yogyakarta

Saat itu kami memilih kamar superior seluas 20 m2 dengan harga Rp450.000 dan extra bed Rp100.000 termasuk sarapan. Di tahun 2024 rupanya harga kamar superior tidak berbeda jauh, dari harga 600 ribuan diskon menjadi 450 ribuan saja. Fasilitas kamar tersedia AC, Wifi gratis, shower, air panas, bathroom amenities, balkon/ teras, sarapan, ruangan bebas rokok, meja, kursi, air minum kemasan, televisi.

2. D’Senopati Malioboro Grand Hotel 

Selama 3 hari dua malam aku menginap di D’Senopati Malioboro Grand Hotel Yogyakarta bersama rombongan sekolah anakku yakni MTsN 4 Jakarta dalam rangka mengikuti kegiatan Pembelajaran Luar Sekolah (PLS). Lokasi hotel bintang 3 ini sangat strategis, bahkan menuju Taman Pintar hanya berjarak 0,2 km saja. 

Nilai ulasan dari para tamu adalah 8,6 mengesankan. Berada di Jalan Panembahan Senopati No, 40 Prawirodirjan, Gondoman, Yogyakarta, hotel ini memiliki sekitar 108 kamar, 2 ruang rapat, kolam renang, restoran Ayodya, Wifi gratis, pelayanan 24 jam, concierge dan doctor on call jika dibutuhkan.

Tipe kamar deluxe yang pernah aku inapi bersama 4 orang korlas (Koordinator kelas) luasnya 32 m2 dengan fasilitas cukup mewah dan desain klasik, Dilengkapi tv kabel LCD 32 inch, coffee/ tea maker, AC, kulkas mini, AC, meja dan kursi, sistem keamanan 24 jam.


4 Rekomendasi Hotel EPIC di Yogyakarta: Romantis, Bisnis, Penuh Kenangan Manis
D'Senopati Malioboro Grand Hotel Yogyakarta


4 Rekomendasi Hotel EPIC di Yogyakarta: Romantis, Bisnis, Penuh Kenangan Manis
D'Senopati Malioboro Grand Hotel Yogyakarta

Nah, jika teman-teman ingin pilih tipe kamar untuk dua orang, kamar superior seluas 24 m2 cocok nih. Dengan harga 637 ribuan dari 850 ribuan sudah termasuk sarapan, ada fitur gratis pembatalan sebelum tanggal tertentu dan pembayaran bisa dilakukan di hotel. Kamar terlihat mewah dan elegan dan tentu membuat tamu betah menginap di sini.

3. Joglo Mandapa Boutique Hotel & Resto 

Meskipun lokasinya tidak berada di pusat kota Yogyakarta, namun dari sini kita bisa menjelajah ke berbagai destinasi wisata alam yang seru dan menantang. Joglo Mandapa Boutique Hotel & Resto terletak di Dusun Kembaran, Tamantirto, Kasihan, Kecamatan Bantul, DIY. Hotel bintang memiliki suasana bergaya Jawa tradisional 

Joglo Mandapa Boutique Hotel & Resto hanya sekitar 5,5 km dari Stasiun Tugu Yogyakarta. Adapun menuju pabrik gula Madukismo berjarak 800 m, minimarket Alfamat hanya 600 m. Malah berwisata ke Goa Selarong hanya memakan waktu kurang lebih 15 menit sepanjang 5,7 km. Di samping hotel terdapat kedai mie ayam bakso yang lezat, hingga kami menikmatinya sebanyak dua kali selama menginap di hotel ini.

Dengan 11 kamar dengan tipe yang berbeda, hotel berlantai dua ini tempat yang cocok menepi sejenak dari keramaian kota. Privasi terjaga, fasilitas umum dan di kamar seperti pada umumnya, bahkan memiliki jalur khusus penyandang disabilitas. Pemandangan taman, restoran dan kolam renang sungguh membantu relaksasi badan dan pikiran. 

Kamar deluxe double untuk dua orang seluas 36 m2 termasuk sarapan di tahun ini sekitar 400 hingga 450 ribuan. Bersih sekali, berkilau tak kalah glowing dengan wajah yang terawat. Kamar mandinya pun bersih dan dilengkapi bathroom amenities. Staf hotel ramah dan gesit, sangat memuaskan dan bikin kami nyaman. Nilai 8,6 di Traveloka mengesankan memang benar-benar sesuai sekali.

Selama 4 hari 3 malam, mulai tanggal 16 sampai 19 Desember 2021 kami tidur nyenyak di kamar deluxe double. Dekorasi hampir di semua sudut kental khas Jawa membuat kami kangen. Aku, suami dan kedua anakku sangat senang bermalam di hotel ini. Penuh kesan, betah rasanya dan berat meninggalkan sewaktu kami check out di pagi hari. Kami dibekali sarapan bread toast oleh pihak hotel. 


4 Rekomendasi Hotel EPIC di Yogyakarta: Romantis, Bisnis, Penuh Kenangan Manis
Kolam Renang Cantik - Joglo Mandapa Boutique Hotel & Resto


4 Rekomendasi Hotel EPIC di Yogyakarta: Romantis, Bisnis, Penuh Kenangan Manis
Joglo Mandapa Boutique Hotel & Resto

4. Java Village Resort   

Sudah pernah berenang di kolam bersih dan cantik yang dikelilingi persawahan dan kebun yang hijau? Pertama kalinya aku merasakan sensasi berenang di hotel bernuansa Jawa ya di sini, Java Village Resort Yogyakarta. Menginap selama 4 hari 3 malam mulai tanggal 5 sampai 8 Mei 2022 bersama keluarga tercinta, memang pilihan terbaik di hotel bintang tiga ini. 

Berada di pusat kota Sleman, Java Village Resort memiliki fasilitas umum seperti area parkir, kopi dan teh di lobby, restoran, free wifi di area umum, gratis pinjam sepeda, taman, kolam renang, ruang rapat, jasa antar jemput bandara berbiaya.. Dari 88 kamar, ada tiga tipe yang bisa dipilih yakni kamar tidur deluxe, suite dan villa. 


4 Rekomendasi Hotel EPIC di Yogyakarta: Romantis, Bisnis, Penuh Kenangan Manis
Lobby, Musala dan Gratis Bersepeda


4 Rekomendasi Hotel EPIC di Yogyakarta: Romantis, Bisnis, Penuh Kenangan Manis
Sarapan dan Berenang di Tengah Persawahan


4 Rekomendasi Hotel EPIC di Yogyakarta: Romantis, Bisnis, Penuh Kenangan Manis
Jaerung Restaurant Java Village Resort 

Kamar tidur aku dan suami adalah deluxe king sedangkan untuk anak-anak yaitu deluxe twin. Cukup luas 24 m2 dengan connecting room den memiliki balkon. Fasilitas kamar lengkap dan memuaskan. Vibes pagi hari di hotel yang berlokasi di Jalan Griya Taman Asri, Kelurahan Pandowoharjo, Sleman, DIY, terdengar kicauan burung bernyanyi dan di malam hari suara jangkrik bersahut-sahutan. 

Kami menikmati sarapan prasmanan di Jaerung Restaurant. Menu makanan dan minuman siap disantap mulai pukul 06.00 hingga 10.00 WIB. Makan bersama keluarga dengan pemandangan persawahan di kanan dan kiri restoran, sungguh menyenangkan. Udara sejuk, angin sepoi-sepoi, suara serangga yang merdu menambah kehangatan suasana.

Destinasi Wisata Edukasi Keluarga yang Seru dan Menantang di Yogyakarta

Hampir semua tempat wisata di Kota Pelajar ini sudah aku tulis di blog. Temna-teman bisa cek ulasanku, pilih kategori atau label "Yogyakarta", "Museum' dan 'Traveling" ya. Beberarapa destinasi wisata Yogyakarta yang pernah aku kunjungi bersama keluarga, yakni:
  • Heva Oean View
  • Gua Kieskendo 
  • Hutan Mangrove Kulon Progo
  • Pantai Glagah
  • Ekowisata Sungai Mudal
  • Goa Selarong
  • Museum Ullen Sentalu
  • Kopi Ingkar Janji
  • Monumen Jogja Kembali
  • Merapi Lava Tour
  • Museum Affandi
  • River Tubing di Sungai Oyo
  • Cave Tubing di Goa Pindul
  • Museum Benteng Vredeburg
  • Museum Kereta Keraton Yogyakarta
  • Keagungan Dalem Museum Kedhaton Yogyakarta
  • Hamzah Batik

Heha Ocean View

Berlokasi di kawasan Bolang, Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Heha Ocean View menawarkan keindahan panorama alam yang memesona. Pesona laut dari kejauhan saja tampak begitu indah. Kayak di luar negeri, kata orang-orang. 

Kita bisa berfoto instagramable dari atas tebing sambil memandang laut nan cantik. Beberapa spot foto berbayar pun tampak diminati banyak pengunjung. Ada Rainbow, Chromatic Car, Polkadot, Pink Horizon, Heha Airplane, Hexagon,  Air Balloon, Waterfall, RIngstone, Terra Curve, Santorini dan Triniti Glass.


4 Rekomendasi Hotel EPIC di Yogyakarta: Romantis, Bisnis, Penuh Kenangan Manis
Heha Ocean View


Museum Affandi

Di Museum Affandi, kita bisa mengikuti workshop di Gajah Wong Studio, menonton video perjalanan hidup Affandi, melihat art shop, Cafe Loteng dan sebagainya. Terdapat banyak koleksi benda peninggalan beliau semasa hidup seperti sepeda ontel, mobil dan kursi antik dan lain-lain. Museum Affandi didirikan supaya masyarakat Indonesia dapat menikmati dunia seni dan terinspirasi dari semangat sang maestro.

4 Rekomendasi Hotel EPIC di Yogyakarta: Romantis, Bisnis, Penuh Kenangan Manis
Museum Affandi

Merapi Lava Tour

Menikmati sensasi di kaki Gunung Merapi di kawasan Kaliurang tentu penuh tantangan. Apalagi saat itu di tahun 2016 kedua orangtuaku turut serta. Merapi Lava Tour makin asyik dengan sewa mobil Land Rover, cocok sekali karena bisa diduduki enam orang dengan nyaman. Oh ya, ditambah seorang sopir merangkap pemandu wisata juga tukang foto, muat banget, lho!

Berkunjung ke Museum Omahku Memoriku, Batu Alien, Bunker Kaliadem dan Petilasan Mbah Maridjan sungguh menyenangkan, tambah wawasan dan ilmu pengetahuan alam yang begitu natural. Ketika melihat album foto jalan-jalan, pasti membuatku terkenang dan senang karena masih sempat mengajak mama papaku yang masih sehat wal'afiat dan kuat berjalan ke mana-mana. 


4 Rekomendasi Hotel EPIC di Yogyakarta: Romantis, Bisnis, Penuh Kenangan Manis
Merapi Lava Tour

Booking Hotel di EPIC Sale Traveloka

Teman-teman bisa mendapatkan harga kamar dari berbagai tipe yang tersedia di hotel-hotel tersebut melalui Traveloka. Pas banget momennya nih, Pantau terus EPIC Sale Traveloka mulai tanggal 25 Juli hingga 11 Agustus 2024 mendatang. Pasti mau banget dong, promonya gede nih!

Dengan transaksi minimum Rp5.000.000 kalian akan memperoleh diskon tambahan dari Bank Mandiri sebesar Rp250.000 dengan menggunakan kode EPICYAY2MDR1. Mengenai pembayaran, praktis banget, lho. Kalian bisa membayar pada saat kedatangan (No need to pay now) untuk di beberapa hotel. Caranya mudah sekali, pilih fitur Don’t Worry to Rugi dari Traveloka. Fitur Flexible Visit Date pun ada. 


Rekomendasi Hotel EPIC di Yogyakarta: Romantis, Bisnis, Penuh Kenangan Manis
Booking Hotel EPIC di Yogyakarta Pakai Traveloka

EPIC Sale Tiket Xperience Traveloka




4 Rekomendasi Hotel EPIC di Yogyakarta: Romantis, Bisnis, Penuh Kenangan Manis
EPIC Sale Tiket Xperience Traveloka



Buat teman-teman yang senang traveling dan berbagi informasi seputar hotel, berbagai moda transportasi darat, laut dan udara, atraksi tempat wisata dan sebagainya, bolehlah bergabung dengan Traveloka Affiliate sekarang juga!. Asyik deh, kalian nanti bisa mendapatkan komisi dari Traveloka. 


4 Rekomendasi Hotel EPIC di Yogyakarta: Romantis, Bisnis, Penuh Kenangan Manis
Gabung Traveloka Affiliate Sekarang




44 comments:

  1. Wah hotelnya keren-keren ya. Ini semua di pusat kota ya kak? Aku pun pakai traveloka buat pesen hotel enggak pake lelet. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga semua berada di pusat kota. Coba dibaca lagi pelan-pelan hehehe :D Yes, Traveloka is the best!

      Delete
  2. Wah, bulan Juli kemarin aku sekeluarga juga dari sono. Ah Jogja mah tiada duanya, saya sangat mencintai kota ini. Setelah suami pensiun nanti, kami berencana untuk menetap di sana. Jogja memang istimewaaaaa....

    ReplyDelete
  3. Di Jogja memang banyak pilihan penginapan sesuai budget, mbak. Tempatnya pun terjangkau ke pusat keramaian kota

    ReplyDelete
  4. Dari 4 hotel yang diulas di tulisan ini, cuma satu yang kutahu lokasinya, tapi teteeep aku belum pernah memasukinya.🤣🤣 Bolak-balik melewatinya sih, iya. Dekat rumah soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kapan2 mbak Tina bisa menginap sekalian di hotel2 tersebut :)

      Delete
  5. Jogja itu memang ngangenin kok mba 😍😍😍. Suamiku orang solo, tp kami lebih seriiiing stay di jogja drpd solo. Krn lebih ngerasa homey.

    Dan wisata jogja lebih banyak.

    Kalo hotel juga banyaak bgt yg bagus2. Ada beberapa hotel mereka yg masih msk bucket list ku, bakal diinapin kalo ke jogja lagi.

    List hotel di atas ada yg aku pernah lihat, tp belum pernah coba sih. Bolehlah nanti aku cek2 juga kalo ada plan ke jogja. 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip mbak Fanny. Semoga kapan2 pas main ke Jogja bisa menginap di salah satu hotel yang aku ulas :D

      Delete
  6. Aaakk.. makasih banyak rekomendasinya mbaa. Nanti kalo ke Jogja bisa ku jadikan salah satu opsi. harganya pun juga terjangkau banget ini sih. cucok.

    ReplyDelete
  7. Saya belum pernah menginap di semua hotel-hotel ini mba Nurul, bagus-bagus ya vintage dan klasik gitu kesannya, biasanya saya cari yang konsep modern karena terasa lebih terang. Tapi penasaran juga yang modelnya vintage gini unik dan suasannya dapet banget kehidupan Jogjanya, kalau ke Jogjanya lagi bisa cobain hotel-hotel ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, gaya lama ceritanya eeaaa. Klasik gitu kan seru :D Sip2 kapan2 cobain nginep deh.

      Delete
  8. Siapa sih yang ngga pengen balik ke Jogja? Selalu ada seribu alasan buat kembali ke Jogja. Sekarang makin banyak ya destinasi wisatanya, jadi makin bingung mau ke mana aja. Kemaren aku ngga semoat menikmati sensasi di kaki Gunung Merapi, padahal pengen ikutan Merapi Lava Tour. Cuma ke museum Ullen Sentalu aja. Tapi aku juga booking2 hotel atau masuk wisata lewat Traveloka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saking banyaknya jadi bingung hihihi :D AKu Ullen Sentalu pengen doualng karena waktu itu hujan sangat deras.

      Delete
  9. Jogja memang sengengangenin itu, bikin kita pengen balik lagi dan lagi. Destinasi wisatanya pun memang lengkap, mulai dari wisata alam, sejara, sampai kuliner nya pun ada. Waktu terakhir ke sana nyoba Merapa lava Tour. Asli seru memang

    ReplyDelete
  10. Jogja emang indah banget ya, cerita dari teman2 yang dulu kuliah di Jogja juga pada rindu pengen selalu ke Jogja. Banyak banget tempat wisata di sana, kulinernya apalagi makanannya enak-enak dan murah. Hotel yang epic juga banyak pilihannya ya dan harganya terjangkau. Cocok banget bersama keluarga ke sana 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih murah dan enak2 kulinernya :) Betul, hotel2 di Traveloka istimewa deh.

      Delete
  11. pilihan hotelnya cakep cakep semua seh. Apalagi ada nuansa tradisional yang bikin happy perasaan, dipake buat staycation pasti asik bener sih ini. bisa akses dengan gampang ke tempat tempat cakep dan bersejarah, Bawa keluarga bakalan happy banget sih ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, keluarga besar bakalan happy diajak nginep di hotel2 ini :)

      Delete
  12. wah postingannya bikin aku pengenn ke jogja juga, referensi hotelnya boleh banget masuk list, dan destinasi wisatanya juga tak kalah menariknya. Semoga berkesempatan kesana nih hihi

    ReplyDelete
  13. wah pilihan hotel yang mantap
    saya kalau ke jogja nyarinya yang hotel budget banget
    pokok bisa dibuat istirahat bentar trus yang deket banyak jajanan dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, ini juga harga hotelnya terjangkau tapi keren banget khan?

      Delete
  14. hotel di Jogja itu cakep-cakep ya Mbak, meski udah ada sentuhan modernnya tapi klasiknya itu tetap terlihat, ini kayaknya sih ya yang bikin berbeda dan selalu buat rindu, kayak pulang ke rumah aja begitu ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak bener banget. Jogja bikin kangen. Maunya selalu ke sana.

      Delete
  15. Wah, asyik-asyik ya hotelnya. Beneran epic. Pastinya bikin betah nginep di sana. Hotelnya bagus, kamarnya nyaman, dan makanannya juga enak-enak. Mana deket dengan banyak tempat wisata pula. Bisa belanja ke sana sini pula. Ah kepengen lagi deh main ke Jogja. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. All ini 1 deh semua bahagia main ke Jogja :)

      Delete
  16. Yogya tuh yang bikin kangen gak cuma suasananya aj ya, makanan dan penginapannya juga bikin pengen balik lagi. Konsepnya seru-seru gitu, seneng kalau bisa ngerasain semua penginapan yang asik ya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penginapannya ga mahal malah banyak diskon dari Traveloka :D

      Delete
  17. Semua penginapannya fasilitasnya lengkap. Tinggal pilih saja mana yang cocok dan lebih dekat dengan tempat yang akan dikunjungi biar tidak terlalu jauh saat kembali ke hotel.

    ReplyDelete
  18. Aku pun kayak punya rasa sayang tersendiri gitu smaa Jogja, Teh. Mungkin karena mayoritas om tanteku merantau buat belajarnya di Jogja walaupun jejak mereka terputus di aku yang lebih dipilihkan untuk tetap dekat sama rumah ortu jadi sejauh-jauhnya merantau ya mentok ke Jaksel doang wkwkwk.

    Ya ampun Java Village Resort kok menggoda banget buat disamperin kalau ke Jogja. Mana bisa pakai sepeda gratis pula. Bisa dipakai ngider sampai jauh nggak sih, Teh? Meureun bisa sampai main ke sawah sekitar resort gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepedaan jangan jauh2 lah hahahah deket hotel aja udah lumayan ke mana2 muterin perswahan bisa :)

      Delete
  19. Asiiik
    Gak bakalan bingung mau nginap mana kalau ke Jogja
    Pilihan banyak begini tinggal sesuaikan budget dan kesenangan anak anak supaya staycation makin nyaman dan betah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal pilih mau nginep di mana, cek di Traveloka aja 😄

      Delete
  20. Hotelnya menarik semua mbak.
    Boleh jadi referensi juga nih kalo berwisata ke Jogja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bagus2 ya, bisa jadi pilihan menginap di Jogja deh.

      Delete
  21. di jogja itu banyak banget penginapan murah dan nyaman ya mbak
    aku juga pakai trabeloka buat booking mana banyak promonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, udah gitu di Traveloka promonya epic2 semua ya, happy deh kita!

      Delete
  22. Jogya memang selalu bikin kita pengen balik lagi dan lagi. Dan pilihan penginapan disana banyak banget, dijamin bikin aku bingung mau booking dimana. Semuanya menawarkan kelebihan masing-masing, dan traveloka jadi andalan aku juga untuk pesan hotel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Saking banyaknya hotel yang ciamik sesuai keinginan dan kebutuhan, jadi bingung ya pilihnya hehehe. Untung ada Traveloka.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.