Daftar Isi [Tampilkan]

Suka otomotif? Pernah datang ke PARJO? Gelaran Pasar Jongkok Otomotif (PARJO) yang diselenggarakan di Cibis Park, Cilandak KKO, TB Simatupang, Jakarta Selatan pada 24-25 Agustus 2024 kembali menarik perhatian. Event tahun ini mengusung tema “Beyond Roads Creating Culture” dan tagar #skenanyaparjo.  


Keseruan PARJO 2024 Pasar Jongkok Otomotif di Cibis Park


Terakhir aku berkunjung ke PARJO itu dua tahun lalu di TMII. Saat itu aku, suami dan anak-anakku habis kondangan saudara di Bogor. Saat perjalanan pulang, suamiku baru ngeh setelah melihat smartphone-nya, ternyata hari itu sedang ada PARJO di TMII. Meskipun pakai kostum resmi kondangan, akhirnya kami tetap mampir melihat-lihat pameran otomotif tersebut.

Baca dulu: Pameran Pasar Jongkok Otomotif PARJO 2022

Zaman dulu aku masih berpacaran sama Aa Rahmad, suamiku, kami pernah dan beberapa kali melihat-lihat pameran otomotif di Senayan. Aku memang paling senang main ke pameran. Sejak kecil papaku sering mengajak keluarga hangout ke JCC Senayan dan sebagainya. Menambah wawasan baru, cari angin lah termasuk hiburan yang menyenangkan.

Lokasi dan Tiket Masuk

PARJO 2024 diramaikan dengan berbagai motor modifikasi dari para builder maupun komunitas. PARJO tahun ini diadakan di Cibis Park, Cilandak KKO di Jalan TB. Simatupang Jakarta Selatan. Lokasinya sangat strategis karena aksesnya mudah, dekat perempatan jalan raya dan bisa masuk ke jalan tol. 

Bagian senangnya sih karena lokasi pameran sangat dekat dari rumah. Sekitar 5 kilometer saja sudah lekas sampai deh.  Wong suamiku pun bekerja di perusahaan yang lokasinya di Cibis situ. Jadilah weekend berasa ngantor hahahaha. Kali ini teteh Rafa ga ikut, dia mau rehat di rumah saja.

Oh ya, harga tiket masuk (HTM) bisa dibeli on the spot sebesar Rp50.000 per orang. Bayar segini sudah termasuk 1 minuman kaleng Acaraki Golden Sparkling. Sejujurnya, baru kali itu aku mencoba produk minuman jamu dengan kemasan modern, lho. Jam buka mulai dari pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

Keseruan di PARJO, Ada Apa Saja?

PARJO ke-12 menawarkan beragam keseruan di mana ciri khasnya adalah pameran lapak-lapak seputar otomotif. Banyak banget pelapak, mungkin sekitar 100 ada sih, mulai dari merek industry, produk lokal, bengkel dengan kategori motorcycle, aftermarket, toys & hobbies, vintage stuff sampai riding apparel & clothing.

Koleksi Motor Klasik dan Restorasi

Ada koleksi motor kategori klasik maupun restorasi. Terlihat deretan motor custom yang gagah berani, unik, antic yang meramaikan PARJO kali ini. Skuter kalcer ada, bobber, café racer, chopper, retro, racing dan sebagainya. Lho, di mana mobil-mobil antiknya? Sayang sekali ditiadakan, padahal kami ingin melihat dan menikmati mobil-mobil antiknya seperti di TMII dulu.


Keseruan PARJO 2024 Pasar Jongkok Otomotif di Cibis Park
Koleksi Motor Klasik dan Restorasi

Baca: Tips Memilih Oli Motor Matic dan Bengkel Servis Terbaik

Bengkel Modifikasi dan Builder

Aku baca di laman Otorider, ternyata cukup banyak bengkel modifikasi dan builder ternama yang turut berpartisipasi dalam acara ini. Ada Katros Garage, Batakastem, Sixvolt Custom Garage, Aka Garage, Wawoke Motorcycle, Lembinc., AFR Seniman Custom Bike, Rocklp.Garage, Front wheels.motors, Tekno Tuner, R-59, Oboy Garage, Brilliant, Bellissimo, Studio Motor, dan Rainbow Motobuilder. 

Sparepart dan Aksesoris Kendaraan

Buat bikers yang berburu sparepart maupun aksesoris kendaraan, pas banget mengunjungi PARJO. Terdapat banyak lapak jualan produk jadul dan ada juga yang baru. Bahkan sekadar melihat-lihat koleksi motor modifikasi yang ditampilkan peserta pun terasa seru. Betah berlama-lama di sini. Meskipun cuaca cerah dan cenderung panas, masih banyak pohon yang turut menghijaukan suasana.

Ada pula promo produk bermerek seperti NGK Gpower yang bertema “Upgrade NGK Gpower, lebih hemat performa hebat”. Ternyata ini tuh produk busi, teman-teman. Dengan mengganti busi standar menjadi busi NGK Gpower, kalian dapat meningkatkan performa mesin kendaraan dengan tiga manfaat sekaligus. Selain membuat pengapian di ruang bakar lebih optimal, bisa juga meningkatkan efisiensi bahan bakar, serta masa pakai yang lebih lama.

Kegiatan Komunitas

Ajang PARJO biasanya ada Sunmori (Sunday Morning Ride) yakni kegiatan komunitas berkendara sepeda motor yang diadakan pada hari Minggu pagi. Motul, perusahaan pelumas juga melakukan Sunmori. Bikers Yamaha XER 155 dalam komunitas XSR Brotherhood Indonesia melakukan rolling city, perjalanan dimulai dari Taman Barito menuju area PARJO.

Selain itu Motul juga menawarkan promo, setiap pembelian minimal 2 liter oli motor atau 4 liter oli mobil, customer bisa mendapatkan Exclusive T-shirt Collaboration Motul dan Katros Garage. Ga Cuma itu, termasuk tanda-tangan, foto bersama dan konsultasi tentang modifikasi motor custom dengan Brand Ambassador Motul sekaligus Custom Builder, Atenx Katros.

Merek aki motor Motobatt pun menyediakan aktivitas seru di booth mereka. Permainan dart yang menarik dicoba beberapa pengunjung. Jika beruntung, hadiah pun didapat. Pertunjukan musik di panggung terus berjalan, ditambah penampilan DJ dan penyanyinya makin memeriahkan suasana.


Keseruan PARJO 2024 Pasar Jongkok Otomotif di Cibis Park
Kegiatan Komunitas, Ada Lelang juga

Fashion dan Kuliner 

Jangan khawatir soal perut yang minta diisi. Banyak booth makanan dan minuman di ruangan terbuka di sisi motor-motor lawas yang dipamerkan. Harganya cukup terjangkau, tapi saat itu kami hanya beli minuman dingin saja. Memang sebelum masuk ke area PARJO ini kami makan siang dulu di Warung Sate Klaten Pak Man. 

Baca: Makan di Warung Sate Klaten Pak Man Cilandak KKO, Bikin Ketagihan!

Terdapat Indomaret mini di area PARJO. Sepertinya cukup lengkap isinya dan ramai dibeli pelanggan. Termasuk lapak fashion pun tampaknya laris manis. Ada baju baru, ada pula baju bekas. Lucu-lucu banget. Jadi ingat saat di TMII Fakhri dan papanya membeli beberapa outfit unik, limited edition. Asyiknya lagi, harga masih bisa ditawar, lho hihihi.


Keseruan PARJO 2024 Pasar Jongkok Otomotif di Cibis Park
Lapak Fashion dll

Oh ya, aku sempat foto bersama seorang bapak di lapak barang jadul yang unik banget penampilannya. Motor-motor ditampilkan di spot cantik sehingga banyak yang membuat foto-foto untuk di-upload di Instagram. Selain vespa antik, ada sebuah motor trail berwarna kuning yang diidam-idamkan Fakhri dan papanya. Berdoa yang kencang semoga suatu hari nanti  bisa terbeli aamiin. 

Papa mertua almahrum pernah memiliki 3 mobil VW Combi, tapi sudah lama dijual, bahkan sebelum aku mengenal suamiku dahulu. Beliau pernah juga punya Land Rover tua dan mobil apa lagi tuh lupa aku. Nanti ditanyakan lagi deh ke suami. Kalau papaku sih zaman dulu punya Suzuki Jimny, beli dari baru.


Keseruan PARJO 2024 Pasar Jongkok Otomotif di Cibis Park
Keseruan PARJO 2024

Masih banyak keseruan lain di ajang PARJO 2024. Teman-teman bisa menonton reels dan melihat foto-fotonya di feed di Instagram aku @nurul_sufitri ya. Mudah-mudahan di PARJO tahun depan dan seterusnya ditampilkan juga koleksi mobil-mobil antiknya. Mohon dicatat ya mimin PARJO hehehe. 

Nah, teman-teman, itulah cerita singkat tentang keseruan di PARJO 2024 di Cibis Park. Terima kasih kalian sudah mampir ke blog dan membaca artikelku yang sederhana ini. Sampai jumpa lagi. Salam sehat dan semoga sukses selalu. 

 





38 comments:

  1. Bakal dinantikan lagi PARJO tahun depan ini mah ya kalau acaranya seru kaya gini, aku udahlihat keseruannya di postingan reelsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Fit :D Mudah-mudahan di PARJO 2025 ada koleksi mobil-mobil antiknya :)

      Delete
  2. Surganya bapak2 ini mah ya. Apalagi digelar di Cibis Park deket banget sama rumah saudaraku selain bisa mampir main, sekalian liat PARJO

    ReplyDelete
  3. aku kalau dateng ke pameran custom otomotif cuman bisa dibikin kagum aja, karena ide mereka untuk custom memang out of the box menurutku. Jadi hasil akhirnya terlihat unik untuk sebuah motor

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa, jadi mikir kok bisaaaa ya dimodifikasi secantik ini. Pengen punya, eh harganya istimewa sekali hahaha :D

      Delete
  4. Kalo ke PARJo rasanya pengen Poto sama semua motor modif, keren-keren. Aku keknya cuman pernah sekali udah itu ga pernah datang lagi, sekarang makin seru aja kegiatan nya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, coba kapan2 ajak bapake main ke PARJO, teh.

      Delete
  5. PARJO, hihi... singkatannya gampang diingat banget ya mbak.
    Asyik nih buat pecinta otomotif, pasti betah kalau berkunjung ke ajang PARJO gini, ada lapak sandang juga dan aksesoris juga.
    Turut mendoakan, semoga Fakhri dan papanya bisa memiliki si motor trail kuning yang memikat hatinya di arena PARJO ini

    ReplyDelete
  6. Anak saya terkadang ikut sunmori, Jangan-jangan dia waktu itu ke PARJO juga hehehe. Saya tungguin ah eventnya tahun depan. Kayaknya bakal betah seharian di sana.

    ReplyDelete
  7. Keren banget, begitu lengkapnya pasar jongkok otomotif Parjo ini. Saya jadi teringat keponakan sama sepupu yg masuk SMK otomotif, pasti bakalan senang kalau tahu ada acara ini. Secara apapun yg ada kaitannya sama otomotif selalu antusias.
    Sayang banget pas baca artikel ini acaranya udah berlangsung lewati beberapa hari ya
    Kalau udah rezekinya pasti tidak akan nyasar ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, betah deh kalau udah ada di PARJO. Pengen beli semua wkwkwkwkw :D

      Delete
  8. Iihh kok lucu banget si mbak di semarang ga ada lo Parjo kek gini kalo ada pasti suamiku juga suka deh diajakin kesini lucu ya konsepnya

    ReplyDelete
  9. Segala sesuatu tentang otomotif gereget ya di sini. Bisa makin mupeng deh lihat modifikasi motornya.
    Apalagi juga lengkap bisa cuci mata soal fashion dan icip-icip kulinernya.

    ReplyDelete
  10. Menarik banget mba 🤩 Pemilihan lokasi pameran PARJO tahun ini pun spesial ya. Cibis park itu mudah diakses sama kendaraan umum. Beberapa kali aku kesana buat hadirin event juga.

    Sudah gitu lumayan luas dan nyaman buat dijadikan area event. Apalagi di paneran PARJO ini lengkap ada fashion hingga kulineran juga ya. Seru bisa lihat kendaraan antik terpajang dengan sangat rapi dan menarik hati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benarrr, tinggal mobil-mobil antiknya aja nih kok ga ada hihihi....

      Delete
  11. Nurul pasti seneng nih, sampai punya koleksi foto banyak sekali di lokasi PARJO, hahahaa
    JAdi lokasi PARJO tiap tahun beda-beda yaa. Aku pun suka kalo diajakin nonton pameran otomotif gini. Kebetulan suami dan anakku yang bungsu suka otomotif. Bahkan si bungsu punya motor jadul yang hasil modifikasi sendiri dibantu orang bengkel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah iya, jadi video singkat deh di reels IG :D Keren anaknya, mbak Wati.

      Delete
  12. Adikku juga seneng banget sama vintage style gini..
    Biasanya kalau di Bandung suka ada tempat belanja barang-barang fashion vintage gini dan nongkinya bisa lama.. Apalagi ke PARJO 2024 gini.. Surga bangeeett~

    ReplyDelete
  13. Sempet salfok Aa Rahmad singkatan dari Raffi Ahmad wkwk. Harga tiketnya masih terjangkau ya, apalagi buat penggemar otomotif. Motornya cakep-cakep. Pantesan bapak-bapak hobi modif.

    ReplyDelete
  14. Baru tahu kalau ada acara Parjo kayak ini Mak, acaranya seru dan lengkap. Ini sih kabar baik buat pencinta otomotif seperti mbak dan keluarga.
    Asyik juga yah jalan-jalan sambil nambah wawasan dan sesuai hobi pula.

    ReplyDelete
  15. Seru banget nih PARJO, aku belum pernah sih soalnya di kotaku nggak ada. Suka deh lihat motor klasik, datang ke Parjo sih bakalan kalap juga, jajan dan shopping

    ReplyDelete
  16. Semoga PARJO bisa hadir di kota-kota lainnya nih, biar kalau di kota tempat saya, saya bisa datang. Meskipun saya kurang paham otomotif, tapi seneng aja lihat motor yg modifikasian dan udah dikasih akseroies.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ya aamiin. Nemenin suami dan anak yang demen otomotif itu seru :)

      Delete
  17. Kalo memang penyuka otomotif pasti seneng sih ya mba kesini. Apalagi ada banyaak tenants yg ikutan, walo sayang mobil klasik ditiadakan dulu.

    Suamiku bukan pecinta automotif soalnya. Dan mungkin krn aku ga dukung juga, secara ini hobi mahal 😂. Ada temenku yg suka modif mobilnya, sampe akhirnya jadi sesuai keinginan dia. Ga murah yg ada. Tp krn temenku ga nikah, ya sudahlah yaa, ga ada tanggungan. 😅

    Aku sendiri zaman msh blm nikah sempet pacaran ama cowo yg sukaa bgt modif mobil, sampe2 aku sempet tergoda utk punya mobil modifikasi. Kliatan keren memang. Makanya aku ama si mantan suka pergi ke pameran atau liat2 mobil modif.

    Tp dulu sih, setelah nikah, ama yg lain pula, udh ga kepengin lagi 🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe..... Iya sekarang udah sama suami yang ga hobi otomotif ya. Bener, seneng buat santai2 lihat2 motor klasik dan sebagainya. Udah niat banget suami dan Fakhri pergi ke PARJO tuh :)

      Delete
  18. ah asyik asyik koleksi vespanya
    pengen nyoba naik sambil keliling kota
    tapi aksesoris lainnya juga asyik mbak
    jadi pengen beli juga ala ala retro gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk, vespaan keliling Jakarta mas. Seru loh.

      Delete
  19. Wahh asyik ini event-nya, keren bisa lihat banyak motor-motor gini

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.