Daftar Isi [Tampilkan]

Memasak bersama anak dapat membantu menstimulasi tumbuh kembang. Beragam hal seru dilakukan, mulai dari menebak nama bahan makanan, menghitung, memotong, mengikuti resep hingga mencicipi masakan yang siap disajikan. Di Culinary Schools Games anak bisa belajar belanja, memasak, membuat kue serta menghidangkan. 


Cara Asyik Kenalkan Anak Dunia Masak melalui Culinary Schools Games

Aku senang memasak bersama kedua anakku. Jenis masakan yang enak dan praktis dapat menarik mereka untuk datang ke dapur dan mengikuti proses memasak sampai selesai. Terkadang tingkah si kecil sedikit di luar prediksi dan membuat kotor di sana-sini. Namanya juga belajar sambil bermain, tentu tetap menyenangkan beraktivitas bersama mereka. 

Manfaat Memasak bersama Anak

Momen masak bersama si kecil dapat membentuk karakter anak dan banyak manfaat, yakni:

  • Membangun dan meningkatkan rasa percaya diri anak.
  • Melatih kemandirian dan tanggung jawab.
  • Menstimulasi panca indera.
  • Media belajar membaca dan berhitung.
  • Mempererat bonding orang tua dan anak.
  • Membentuk pola makan yang sehat

Apa Itu Culinary Schools?

Culinary Schools merupakan platform games online yang memperkenalkan dunia masak/ kuliner pada anak-anak dan pembelajaran kebiasaan serta pola hidup sehat sejak usia dini. Laman ini akan membantu pelajar menemukan sekolah dan jalur karier di bidang kuliner. Culinary Schools memiliki koleksi ratusan free online games yang dapat dimainkan oleh anak-anak hingga dewasa.

Asyiknya main game online di Culinary Schools ini, mereka akan terbiasa dalam hal makanan, pertanian, memasak, seni kuliner, bisnis restoran dan karier yang berhubungan dengan perhotelan. Anak-anak bisa belajar sambil bermain tentang kuliner dengan cara yang menyenangkan. 

Orangtua dapat mendampingi mereka, turut mengawasi dan memberikan batasan durasi bermain.  Kalian juga bisa menggunakan fitur kesehatan, diantaranya kalkulator penurunan berat badan, kakulator lemak dan kalkulator latihan. 

Caranya mudah sekali dan tentu saja gratis alias tidak berbayar. Kalian hanya perlu menggunakan desain web HTML 5 yang ramah untuk ponsel dan desktop. Jadi, Culinary Schools dapat dimainkan di PC, tablet, smartphone tanpa perlu mendaftar. Praktis, bukan? Yuk, kunjungi laman Culinary Schools di https://www.culinaryschools.org/ 😍


Cara Asyik Kenalkan Anak Dunia Masak melalui Culinary Schools Games
Culinary Schools

Kategori Permainan

Terdapat beberapa jenis permainan online di Culinary Schools, antara lain adalah:

  1. Permainan edukasi makanan: Belajar tentang makanan sehat versus makanan tidak sehat.
  2. Melayani pembeli/ pelanggan: Membuat sandwich atau berperan sebagai pelayan.
  3. Games bertema makanan seru lainnya.
  4. Permainan otak: Teka-teki logika, permainan memori, Mahjong, Solitaire dan permainan kartu lainnya.

Manfaat Bermain Online Games Memasak

1. Pengenalan Dunia Kuliner

Memperkenalkan dunia masak atau kuliner pada anak sedini mungkin itu penting dan baik sekali serta bermanfaat. Mereka dapat menambah pengetahuan dan wawasan tentang berbagai jenis makanan, lebih tahu memilih bahan makanan sehat untuk dimasak, menyuguhkan masakan kepada keluarga atau pelanggan, mengembangkan selera makan yang baik

2. Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus

Melalui Culinary Schools Games, anak-anak juga melatih keterampilan motorik halus. Mereka mempelajari teknik dasar memasak seperti merebus, menggoreng, memotong bahan makanan dengan tepat. 

3. Pembelajaran Nutrisi dan Makanan Sehat

Kita juga turut membantu anak-anak mengerti arti pentingnya nutrisi seimbang untuk tumbuh kembang anak dengan baik dan benar. Hal ini membantu anak-anak memahami proses memasak dari awal hingga akhir.

4. Mengembangkan Keterampilan Sosial

Bermain games memasak dapat membantu anak belajar bekerja sama dalam tim dan berbagi peran. Hal ini termasuk dalam berinteraksi dengan orang lain dengan baik di berbagai situasi dan kondisi.

5. Meningkatkan Kreativitas

Anak-anak mampu menciptakan resep, plating, mendesain penyajian masakan, mengelola restoran maupun bisnis kuliner lain sesuai dengan daya imajinasi mereka. Dengan begitu, anak dapat meningkatkan kreativitas dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini tentu membantu mengasah mereka berikir kritis dan inovatif.

6. Memiliki Pengalamn Seru dan Menyenangkan

Dengan permainan online games di Culinary Schools, anak-anak dapat merasakan langsung proses memasak secara interaktif. Apalagi adanya instruksi dari video dan musik yang mengiringi saat mereka bermain, semakin menambah semangat mengeksplorasi. 

Belajar sambil bermain seperti ini kita sebagai orang tua pun senang, terutama anak akan memperoleh kesan dan pengalaman seru yang belum terulang kembali. 

Empat Online Games Favorit di Culinary Schools

Banyak permainan memasak di Culinary Schools dan bagus-bagus semua. Berikut adalah empat free online cooking games favorit aku dan anak-anak di Culinary Schools, yakni sebagai berikut:

1. Go To Market 

Dalam permainan Go To Market, anak-anak mencocokkan bayangan dengan cara menyeret produk atau bahan makanan dari keranjang belanja ke bentuk bayangan yang sesuai. Jika produk sesuai dengan bentuk bayangannya, maka nama produk akan muncul di bawahnya. Jika tidak sesuai, anak akan mencobanya kembali. 


Cara Asyik Kenalkan Anak Dunia Masak melalui Culinary Schools Games
Go To Market

2. The Boiled Eggs

Games The Boiled Eggs meminta pemain merebus telur di beberapa panci yang berbeda pada waktu yang sama. Selain itu anak akan melacak suhu panci yang berbeda dan menyesuaikannya sesuai kebutuhan. Permainan ini sederhana, menunjukkan kita untuk fokus dan melacak banyak hal dalam keadaan sangat sibuk. 

Permaian ini memiliki tingkat kesulitan yang meningkat. Dari menggunakan satu kompor hingga menjadi enam kompor. The Boiled Eggs sangat menarik untuk dimainkan segala usia. 


Cara Asyik Kenalkan Anak Dunia Masak melalui Culinary Schools Games
The Boiled Eggs

3. Veggie Friends

Veggie Friends adalah pengenalan edukatif terhadap sayuran yang mengajarkan nama dan bentuk berbagai macam sayuran. Aubergine, cucumber, broccoli, cabbage, corn, garlic, onion, potato, pumpkin, radish, red pepper dan tomato. Dalam bahasa Indonesia berarti terong, mentimun, brokoli, kubis, jagung, bawang putih, bawang merah, kentang, labu, lobak, paprika merah dan tomat.


Cara Asyik Kenalkan Anak Dunia Masak melalui Culinary Schools Games
Veggie Friends

4. Sweety Cooking Chocolate Cake

Sweety Cooking Chocolate Cake adalah permainan sederhana yang membiasakan anak-anak berada di dapur dan mengikuti resep. Anak-anak dapat belajar membuat kue cokelat dengan mudah. Tinggal klik saja bahan makanan yang ada di layar, ikuti langkah-langkah resepnya. 


Cara Asyik Kenalkan Anak Dunia Masak melalui Culinary Schools Games
Sweety Cooking Chocolate Cake

Mengambil mangkok, spatula, mengaduk cokelat memanggang di oven dan sebagainya. Musiknya juga menarik dan sesuai dengan jenis permainan ini. Games ini paling cocok dimainkan oleh anak-anak di kelas satu atau di bawahnya.

Teman-teman silakan mencoba aneka games mengasyikkan ini. Kunjungi langsung  https://www.culinaryschools.org/kids-games untuk mengisi waktu bersama si kecil. Memasak bareng anak memang seru dan menyenangkan!

19 comments:

  1. Permainannya menarik ini, hahahhha. Bisa buat berkreasi masakan

    ReplyDelete
  2. Harus sih kenalin anak di dunia masak. Biar anak gak tergantungan buat dimasakinn, jadikan bisa masak sendiri, heheh


    Newsartstory

    ReplyDelete
  3. Thank you rekomendasi gamesnya mbaaa. Ini anak2 ku lagi pada assessment, ntr kalau udah selesai, aku mau ajakin main games ini. Apalagi berkaitan culinary, seruuuu sepertinya.

    Aku juga filter banget beberapa games yg boleh dan ga boleh dimainkan anak2. Tau sendiri banyak yg berkedok aneh2. Jd kalo memang bagus dan bisa melatih motorik anak, aku approve sih.

    ReplyDelete
  4. Waduh, aku sudah telat ya anak perempuanku gak mau masak2. Maunya tinggal beli saja. Coba dulu ada ginian ya kali2 jadi suka masak, heee

    ReplyDelete
  5. Gamesnya edukatif banget ya? bisa menjadi sarana yang disukai anak untuk melatih mereka kemandirian juga nih. Perkenalkan sama anak-anak, ah! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sih edukatif banget ini. Anak-anak bisa belajar kuliner dari berbagai sumber di zaman modern seperti sekarang, bahkan bisa melalui game kaya culinary schools games ini

      Delete
  6. Seru loh yg boiled eggs, karena harus fokus juga biar memasaknya harus sesuai caranya, bermain sambil belajar nih paling cocok untuk anak-anak

    ReplyDelete
  7. Banyak banget ya gamesnya bisa jadi sarana edukasi buat anak-anak dalam mengenalkan games yang bermanfaat berupa makanan, anak-anak jadi tahu banyak soal kuliner sehingga membuat mereka tidak bosan juga belajar mengenal kulinernya

    ReplyDelete
  8. salah satu game gokil yang bisa dimainkan dan bisa ajarkan akan banyak hal ini buat kita para pemainnya

    ReplyDelete
  9. Jangankan anak2, aku pun yang sudah dewasa juga suka banget nih main game yang tema masak2an dan kulineran gitu hehe.
    Apalagi yang kyk jualan di kedai2an :D Praktis yaaa main game di website cullinary school karena nggak perlu download maupun mendaftar.

    ReplyDelete
  10. Ternyata ada game keren juga ya seputar dunia memasak seperti ini. Bisa melatih keterampilan dalam banyak hal ya

    ReplyDelete
  11. Awalnya buka website ini untuk mainan anak-anak eh sekarang malah aku ketagihan game Watermelon di website Culinaryschool ini :D

    ReplyDelete
  12. Games-nya asli asik banget. Anakku dulu gara-gara games sejenis ini, jadi doyan makan sayur. Apalagi bentukan sayurnya unyu-unyu gitu, selain itu dia juga jadi belajar calistung dari game² begini ❤️❤️

    ReplyDelete
  13. BTW ini permainannya kok malah bikin aku kepo, ya. Penasaran pingin memainkannya. Hahahha .... padahal mendingan aku masak langsung aja, jangan cuma online.

    ReplyDelete
  14. Cocok banget untuk anak2 seumuran TK SD ya game ini. Bener sih, anak2 kudu dikenalin soal kuliner dari kecil biar ada ketertarikan untuk masak juga, terutama anak perempuan hehe

    ReplyDelete
  15. Wow, artikel ini bikin aku pengen langsung ngajak anak-anak main di Culinary Schools Games! 🍳👩‍🍳 Seru banget, pasti mereka bakal senang belajar masak sambil bermain!

    ReplyDelete
  16. Pastikan selama bermain anak tetap diawasi ya. Walaupun game itu positif, sebagai orang tua tetap harus memberikan pengawasan supaya si kecil tidak membuka yang lainnya di smartphone.

    ReplyDelete
  17. Bagiku ketrampilan memasak termasuk life skill yang perlu dipunyai baik bagi perempuan maupun laki-laki. Maka meski kedua ankaku laki-laki aku mengajarkan ini sejak dini. Sehingga saat mereka mandiri paling tidak bisa memasak untuk dirinya sendiri. Senangnya ada games menarik yang membantu mengenalkan dunia memasak ke anak seperti culinary schools games ini

    ReplyDelete
  18. Anakku senang banget diajak main ini
    Katanya gak berasa main game karena bisa sekalian belajar
    Apalagi memang visual tipe belajarnya

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.