Daftar Isi [Tampilkan]

Ini dia pengalaman baru aku dan anakku, curhat masalah gigi langsung ke dokter gigi di mobil dengan desain khusus mirip klinik gigi, namanya SATU Dentour. Senangnya lagi, kami bisa berkonsultasi kesehatan gigi dan mulut secara gratis, lho. Ada fun games bertabur hadiah juga. Yuk, ikuti cerita curhat gigi keliling gratis di artikel ini!

Tips Gak Takut Lagi ke Dokter Gigi bersama SATU Dentour Periksa Gigi Keliling Gratis

Ikut Giveaway SATU Dental dan Memenangkan Hadiahnya

Apa kabar, teman-teman? Semoga sehat wal’afiat, aamiin. Aku sudah tidak sabar ingin bercerita tentang keseruan aku dan si bungsu Fakhri main ke Jakarta International Velodrome sekaligus mampir ke SATU Dentour. Benar-benar pengalaman perdana kami nih.

Sekitar tiga minggu lalu, aku mengikuti giveaway yang diadakan oleh SATU Dental di Instagram. Alhamdulillaah, ternyata aku menjadi salah satu pemenang dari total lima orang yang diumumkan di IG Story. Setiap pemenang memperoleh hadiah OVO Cash senilai Rp100.000 kemudian free dental check up di SATU Dentour, serta free scaling di klinik SATU Dental terdekat.


Tips Gak Takut Lagi ke Dokter Gigi bersama SATU Dentour, Periksa Gigi Keliling Gratis!
Ikut Giveaway SATU Dental di Instagram dan Medapatkan Hadiahnya

Dari postingan feed Instagram SATU Dental aku melihat informasi SATU Dentour yang berpindah tempat dengan jadwal yang berbeda-beda. Sebenarnya dari tempat tinggal kami di Jagakarsa, paling dekat di Cibis Park. Sayangnya, sudah terlewat deh gara-gara kelupaan pasang alarm. Maklum, ibu banyak urusan hehehe.

Berkunjung ke Jakarta International Velodrome dan Curhat Gigi Gratis bersama SATU Dentour

Singkat cerita, aku dan Fakhri tertarik datang ke Jakarta International Velodrome (JIV) pada hari Sabtu, 28 September 2024. Oh ya, sebelumnya aku sudah mengisi form sebagai konfirmasi kehadiran melalui direct message (DM) IG SATU Dental ya. Kami ambil sesi ke-1 pukul 09.00 WIB. Kalau sore, khawatir turun hujan lebat.


Tips Gak Takut Lagi ke Dokter Gigi bersama SATU Dentour, Periksa Gigi Keliling Gratis!
Keseruan Aku dan Fakhri Berkunjung ke Jakarta International Velodrome

Kebetulan banget kami memang belum pernah berkunjung ke Velodrome sejak awal dibangun. Jadi, momen pas sekali, satu dua pulau terlampaui. Perjalanan kami ke JIV cukup praktis kok, naik commuter line dari Stasiun Lenteng Agung turun di Stasiun Manggarai. Setelah itu kami naik bus Transjakarta Koridor 4 dan turun di halte bus Velodrome. 

Suasana sangat ramai, banyak anak-anak sekolah yang masih berolahraga dan orang-orang dewasa yang juga sibuk beraktivitas fisik. Oh, ternyata terdapat gelanggang olahraga juga di sana. Ada bermacam-macam fasilitas untuk peregangan otot, kekuatan tangan dan kaki dan sebagainya. 

“Mah, itu mobil SATU Dentour-nya!”, seru Fakhri. Kelihatan dari jauh mobil berwarna hijau yang disampingnya ada booth khusus dan beberapa petugas melayani pengunjung. Semangat banget anakku si ganteng yang kini sudah duduk di kelas 11. Fakhri paling senang diajak periksa gigi. Ya dong, gak takut dia, malah excited sekali.


Tips Gak Takut Lagi ke Dokter Gigi bersama SATU Dentour, Periksa Gigi Keliling Gratis!
SATU Dentour di Jakarta International Velodrome

Berbeda dengan papahnya anak-anak yang sampai saat ini masih takut ke dokter gigi. Anak sulungku, teteh Rafa saja bernyali tinggi untuk urusan cek kesehatan gigi lho, sama seperti Fakhri. PR banget buat aku dan anak-anak mengupayakan si papah tergerak hatinya untuk segera konsultasi gigi. Ada gigi yang bolong dan patah serta belum sempat melakukan scaling. Kayaknya sekitar 7 tahun lebih belum diperiksa kembali giginya hhmm. 

Kalau boleh aku mau berbagi kisah pemeriksaan gigi anak-anak dan keluarga nih. Sejak aku dan kedua adikku kecil berusia balita, orang tua kami sering mengajak kami berkunjung ke dokter gigi. Kami diperkenalkan tak hanya pada sang dokter gigi dan susternya, melainkan ruangan klinik, fasilitas, suasana dan sebagainya. Meskipun saat itu aku sedang tidak ada keluhan gigi, aku dipangku ibu atau papaku, duduk di kursi khusus konsultasi kemudian dokter memeriksa gigiku.

Membawa si kecil ke dokter gigi memang sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Orang tua maupun anggota keluarga mesti memiliki kesabaran dan semangat tinggi jikalau anak merasa takut melihat dokter gigi. Bahkan tak sedikit orang dewasa yang hingga tua masih takut pergi ke dokter gigi. 

Kecemasan Dental (Dental Anxiety)

Bagi sebagian orang, mengunjungi dokter gigi dapat menjadi sumber ketakutan dan kecemasan. Ya, seperti suamiku, Aa Rahmad hiks 😓 Adapun kecemasan saat perawatan gigi adalah rasa takut atau stres yang berhubungan dengan perawatan gigi. Tak sedikit anak dan dewasa yang takut dan membayangkan jarum, bor dan peralatan medis lainnya, ruangan, dokter dan susternya. Mungkinkah yang dibayangkan terlalu berlebihan?

Jika ditunda terus-menerus, dental anxiety akan mengakibatkan dampak buruk terhadap kesehatan gigi dan mulut, sehingga kualitas hidup secara keseluruhan. Teman-teman, mari simak gejala, penyebab dan cara mengatasi dental anxiety di bawah ini.

Gejala-gejala Kecemasan Gigi

Berikut adalah beberapa tanda umum dari kecemasan dental baik secara fisik maupun mental, yakni:

  • Berkeringat dan atau gemetar
  • Detak jantung meningkat, penafasan cepat
  • Merasa mual atau pusing
  • Menghindari janji bertemu dengan dokter gigi
  • Susah tidur sebelum melakukan pemeriksaan maupun perawatan gigi
  • Pikiran negatif tentang prosedur gigi

Penyebab Kecemasan Gigi

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan dental anxiety, seperti:

  • Trauma emosional
  • Takut akan terasa sakit atau cedera
  • Genetika
  • Gangguan kecemasan umum

Cara Mengatasi Dental Anxiety

Tentu saja orang yang mengalami dental anxiety membutuhkan strategi yang sesuai dan dukungan dari seorang profesional yang berkualifikasi, terutama orang-orang terdekat seperti keluarga. Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengatasi dental anxiety, yakni sebagai berikut:

  1. Lakukan teknik relaksasi misalnya pernafasan dalam, relaksasi otot progresif, visualisasi. Biasanya dokter gigi profesional bisa memahami dan berempati terhadap kecemasan dental.
  2. Mengekspresikan ketakutan dan kekhawatiran kepada dokter gigi profesional.
  3. Mencari bantuan untuk gangguan kecemasan yang mendasarinya.
  4. Membangun harga diri dan kepercayaan diri.
  5. Mengeksplorasi pilihan obat penenang untuk prosedur perawatan gigi.

Seberapa Penting Mengatasi Dental Anxiety?

Dental anxiety yang tidak dapat diatasi dapat menyebabkan masalah kesehatan gigi yang lebih besar dan mahal. Dengan SATU Dentour, SATU Dental memberikan solusi nyata untuk membantu masyarakat mengatasi kecemasan mereka. Kini sudah tak ada alasan lagi takut ke dokter gigi. Perawatan gigi yang berkualitas dan terjangkau ini bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat. Saatnya katakan #GoAwayDentalAnxiety dan mulai peduli dengan kesehatan gigi teman-teman.

Nah, untungnya kini SATU Dental menghadirkan SATU Dentour, pertama di Indonesia sarana untuk curhat gratis masalah gigi di manapun dan kapanpun. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan arti pentingnya kesehatan gigi dan mulut sekaligus memperlihatkan bahwa pergi atau konsultasi ke dokter gigi tidak menakutkan. 

SATU Dentour: Gak Takut Lagi ke Dokter Gigi, Solusi Nyaman untuk Gigi Sehat

Lanjut ke cerita aku dan Fakhri tadi. Begitu tiba, kami dipersilakan melakukan pendaftaran ulang dengan cara memindai barcode dan mengisi data-data yang diperlukan. Petugasnya cukup banyak dan mereka bersikap baik dan ramah. Kami duduk bergantian sambil diberikan beberapa pertanyaan. Kami juga diberikan minuman dingin yang menyegarkan, “Mau pilih minuman apa, Bu, Kak?”, tanya mereka.


Tips Gak Takut Lagi ke Dokter Gigi bersama SATU Dentour, Periksa Gigi Keliling Gratis!
Periksa Gigi Keliling Gratis di SATU Dental #GakTakutLagi

Sinar matahari semakin terasa padahal hari masih pagi. Anginnya kurang kencang, jadi gerah. Untung ada dua kipas lucu yang diberikan petugas kepada kami. Eh iya, aku juga dapat sebuah payung berwarna hijau SATU Dental, lho. Keseruannya belum habis. Teman-teman bisa menonton video reels di Instagram aku @nurul_sufitri ya.

Sambil menunggu giliran diperiksa gigi, aku dan Fakhri ikut memainkan Spin The Wheel. Wah, ini dia rupanya yang bikin betah pengunjung! Malah bocah-bocah kecil alias bocil ga mau menjauh dari permainan ini. “Gantian ya, Dek”, hehehe. Aku dapat Freshbyt total protection tooth paste, sedangkan Fakhri dapat snack Fitbyt Ginger Crisp.


Tips Gak Takut Lagi ke Dokter Gigi bersama SATU Dentour, Periksa Gigi Keliling Gratis!
Fun Games dan Curhat Gigi Gratis di SATU Dentour Velodrome


Tips Gak Takut Lagi ke Dokter Gigi bersama SATU Dentour, Periksa Gigi Keliling Gratis!
SATU Dentour Bertabur Hadiah dan Voucher Treatment

SATU Dentour Lebih Dekat dengan Masyarakat

Program SATU Dentour bertujuan mendekatkan pelayanan perawatan gigi kepada masyarakat. Kampanye ini tidak hanya fokus pada perawatan gratis, melainkan juga memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi sejak dini. SATU Dentour menghilangkan stigma negatif yang sering melekat pada kunjungan ke dokter gigi.

Menurut Chief of Dentist Officer SATU Dental, drg. Ivan Hadiutomo, Sp.KG, SATU Dentour ditujukan untuk masyarakat yang masih takut ke dokter gigi dan minim literasi terkait kesehatan gigi dan mulut. Dengan adanya pengalaman baru ini, masyarakat juga diharapkan bisa tertarik dan lebih berani untuk memeriksakan kesehatan giginya. Diharapkan melalui pemeriksaan gigi, masyarakat dapat mengetahui kondisi kesehatan gigi dan mulut, serta bagaimana langkah pencegahan dan penanganan yang tepat.

SATU Dentour dikemas dalam kampanye bertajuk #GoAwayDentalAnxiety #GakTakutLagi, untuk mengedukasi masyarakat bahwa berkunjung ke dokter gigi tidak semenakutkan yang dibayangkan. Anxiety di sini juga bisa berarti takut mahal, takut mengetahui bahwa giginya sangat jelek dan lain-lain. 

Serba Gratis di SATU Dentour

Mau ke dokter gigi dengan pengalaman baru seperti aku dan Fakhri? Yuk, cobain SATU Dentour! Dapat apa saja sih?

  • Gratis curhat gigi bersama gokter gigi
  • Gratis cek kondisi gigi
  • Gratis voucher treatment di SATU Dental
  • Gratis merchandise official SATU Dental
  • Fun games

Jadwal Kehadiran SATU Dentour

Berikut jadwal kehadiran SATU Dentour sejak awal hingga terbaru, yaitu:

1. One Satrio Mall Kuningan 

Lokasi di Mega Kuningan Jalan Prof, DR. Satrio No. Kav. E1, Kuningan, Jakarta Selatan. 

Waktu: 23-25 Agustus 2024 pukul 19.00-21.00 WIB

2. Cibis Park  

Jalan TB Simatupang No. 2, Jakarta Selatan. 

Waktu: 11-13 September 2024 pukul 08.00-17.00 WIB.

3. Jakarta International Velodrome 

Jalan Balap Sepeda No. 35, Jakarta Timur. Waktu: 27-29 September 2024. 

Sesi 1: 08.00-10.00 WIB dan sesi 2: 16.00-18.00 WIB.

4. CFD Decathlon Summarecon Bekasi 

Jalan Bulevar Ahmad Yani, Bekasi,13 Oktober 2024 pukul 06.00-11.00 WIB.

5. Trans Studio Mall Cibubur 

Jalan Alternatif Cibubur No.230 A, Jawa Barat, 25 Oktober 20204.  

Sesi 1: 11.00-13.00 WIB dan sesi 2: 16.00-20.00 WIB, 

26-27 Oktober 2024 11.00-21.00 WIB.

Curhat Gigi Keliling Gratis bersama SATU Dentour dengan drg. Cahyo

Teman-teman, SATU Dentour ini merupakan konsep hiburan juga lho. Tampilannya berupa mobil keliling yang disulap senyaman mungkin seperti klinik gigi. Masyarakat jadi memiliki pengalaman berkesan dan menyenangkan berada di dalamnya. Ada seorang dokter gigi dan suster dari SATU Dental. Boleh curhat dong? Tentu.

Layanan dari klinik yang diketahui memiliki Dengan moto "The fastest growing dental chain in Indonesia" layanan dari klinik ini diharapkan semakin mendekatkan masyarakat dengan pelayanan gigi yang prima dan terpercaya. Nantikan SATU Dentour di area publik seperti taman, sekolah, kampus, pusat perbelanjaan dan lain-lain. 

Oh ya, kalian pasti penasaran kan, bagaimana hasil konsultasi gigi aku dan Fakhri di mobil keliling SATU Dentour? 

Tips Gak Takut Lagi ke Dokter Gigi bersama SATU Dentour, Periksa Gigi Keliling Gratis!
Curhat Gigi Keliling Gratis di SATU Dentour Velodrome bersama drg. Cahyo 

Saat itu aku curhat gigi bersama drg. Cahyo. Kata beliau, beberapa gigiku bermasalah dan sebaiknya lekas ditindaklanjuti di klinik SATU Dental terdekat. Untuk satu gigiku yang sudah tidak ada/ dicabut alhamdulillaah sudah beres dengan pemakaian gigi palsu. Selanjutnya adalah sebuah gigi yang telah lama dilakukan perawatan saluran akar agar dipakaikan mahkota gigi/ crown. Selain itu ada beberapa gigi yang mesti ditambal maupun diperbaiki tambalannya karena sudah kurang bagus kondisinya. 

Bagaimana dengan gigi Fakhri? Wah, bersyukur sekali ternyata hasil free dental check up dengan drg. Cahyo, gigi si kasep bagus, bersih, rapi, tidak ada bolong, tidak ada karang gigi. Senangnya bukan main! Pesan beliau, jaga baik-baik gigi anakku ini agar tetap selalu bersih, rajib mengosok gigi terutama malam sebelum tidur, serta scaling maupun konsultasikan gigi minimal 6 bulan sekali. Yeyeye! 

Terima kasih banyak, drg Cahro dan suster. Jadi tuh kami bisa melihat penampakan gigi saat diperiksa melalui layar laptop yang dipgang oleh suster/ asisten di dalam mobil SATU Dentour. Jelas banget dan kayaknya wow begitu deh. Menjaga sekehatan gigi dan mulut memang menjadi kewajiban sekaligus PR yang sebenarnya mudah namun adakalanya rasa takut menghantui. Setelah ini, insya allah kami semakin rajin lagi memerhatikan gigi. 

SATU Dental

SATU Dental merupakan klinik gigi dekat dan terpercaya telah memiliki lebih dari 48 cabang di Jabodetabek dan Suarabaya, dengan layanan lebih dari 350 dokter gigi dan spesialis. Treatment yang ditawarkan cukup banyak seperti behel gigi, bleaching, veneer, pembersihan karang gigi, perawatan gigi anak, dental spa, cabut, implant, gigi palsu, perawatan akar gigi dan gusi, perawatan mahkota gigi dan sebagainya. 

SATU Dental Sawangan

Pertama kali aku konsultasi ke SATU Dental adalah di cabang Sawangan, Jl. Raya Sawangan No. 32-3, Mampang, Pancoran Mas, Depok pada Minggu, 4 Februari 2024 bersama drg. Ferdy. Waktu itu sedang ada promo scaling/ pembersihan karang gigi. Pelayanannya benar-benar bagus, betah deh periksa gigi, ditemani suami tentunya. Berharap supaya suamiku tergugah jadi mau cek gigi.


Tips Gak Takut Lagi ke Dokter Gigi bersama SATU Dentour, Periksa Gigi Keliling Gratis!
SATU Dental Sawangan


SATU Dental Jagakarsa

Nah, ada kabar baik nih terbaru banget. Ternyata SATU Dental membuka cabang di Jagakarsa, tepatnya berada di Jalan M. Kahfi I No. 123 Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan 12620. Jam operasional Senin-Jumat pukul 09.00-22.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 09.00-18.00 WIB.

Senangnya, kini semakin dekat deh aku sekeluarga jika hendak berkonsultasi gigi. Jarak dari rumah ke SATU Dental Jagakarsa hanya butuh waktu kurang lebih 10-15 menit saja atau 3 kilometer. Saking penasaran dan kayaknya memang mesti banget scaling hadiah giveaway beberapa waktu lalu, aku langsung membuat janji temu secara online melalui Whatsapp. Sabtu, 19 Oktober 2024 pukul 17.00 WIB jadi deh aku melakukan scaling bersama drg. Rahmi Adelina. Nah, ini ya foto-fotonya. 


Tips Gak Takut Lagi ke Dokter Gigi bersama SATU Dentour, Periksa Gigi Keliling Gratis!
SATU Dental Jagakarsa


Tips Gak Takut Lagi ke Dokter Gigi bersama SATU Dentour, Periksa Gigi Keliling Gratis!
Scaling di SATU Dental Jagakarsa bersama drg. Rahmi Adelina


Tips Gak Takut Lagi ke Dokter Gigi bersama SATU Dentour, Periksa Gigi Keliling Gratis!
SATU Dental, Dekat dan Terpercaya


Teman-teman, itulah cerita keseruan aku hiburan sekaligus curhat gigi keliling gratis bersama SATU Dentour di Jakarta International Velodrome, serta pengalamanku konsultasi di SATU Dental. Yuk, periksakan gigimu segera dan jangan lagi ditunda-tunda di SATU Dental, klinik gigi yang dekat dan terpercaya! Gak takut lagi deh konsultasi gigi. Go away dental anxiety! Terima kasih dan sampai jumpa lagi 😄


Referensi:

https://www.instagram.com/satudental

https://www.ispmi.or.id/blog/kecemasan-dental-dental-anxiety-memahami-gejala-dan-cara-mengatasinya




No comments:

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.