Daftar Isi [Tampilkan]

Memiliki hunian ideal adalah impian semua orang. ‘Rumah Idaman’, ‘Rumahku Istanaku’, ‘Home Sweet Home’ merupakan tempat tinggal, berlindung, berkumpul keluarga, beraktivitas serta sebagai identitas penghuninya. Saat estetika, keamanan dan kenyamanan bersatu dalam satu desain yang harmonis, inilah yang menciptakan rumah ideal. Utamakan perhatian pada instalasi dan perawatan listrik di rumah.


Tips Rumah Nyaman Listrik Aman Innovation Talk Schneider Electric

Dengan desain minimalis yang memanfaatkan cahaya alami, rumahku dilengkapi dengan ruang terbuka hijau yang asri, seperti taman kecil di halaman belakang. Interiornya sederhana namun fungsional, dengan ruang keluarga yang cukup luas untuk berkumpul bersama orang-orang terkasih, serta dapur yang modern dan nyaman untuk memasak. Setiap sudut rumah mencerminkan kepribadian dan nilai-nilai keluarga, menjadikannya sebagai tempat berlindung yang hangat.

Bicara soal listrik, bagian inilah yang sangat penting dan wajib ada di rumah. Rumah bagus atau mewah tanpa adanya listrik, maka kehidupan dan kegiatan penghuninya akan terhambat. Jika listrik sudah terpasang, langkah selanjutnya adalah memastikan instalasi tersebut aman dari potensi bahaya korsleting, lonjakan arus, sengatan listrik bahkan hingga risiko kebakaran.

Innovation Talk "Rumah Nyaman Listrik Aman" Schneider Electric

Alhamdulillaah, aku dan komunitas Kumpulan Emak-Emak Blogger (KEB) berkesempatan menghadiri acara Innovation Talk “Rumah Nyaman Listrik Aman” yang diselenggarakan oleh Schneider Electric pada hari Rabu, 2 Oktober 2024 di Alila SCBD, Jakarta, dengan narasumber sebagai berikut:

  • M. Farhan Lucky, Schneider Electric Indonesia Business Vice President, Home and Distribution Schneider Electric Indonesia 
  • Ranu Scarvia Ria Fitri, Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta
  • Nana Mirdad dan Andrew White, pasangan public figur dan influencer

Dalam Innovation Talk tersebut, Schneider Electric berbagi trend dan inspirasi rumah ideal serta pentingnya keseimbangan keindahan dan fungsi dalam desain interior. Hal paling utama tentu saja keamanan dan efisiensi energi di rumah. Kenyamanan bukan perkara mudah yang hanya dilihat secara fisik saja, melainkan juga sistem kelistrikan di dalam rumah apakah sudah bekerja baik dan aman.  

Data Dinas Gulkarmat DKI Jakarta menunjukkan hampir 30% dari 2.286 kasus kebakaran pada 2023 terjadi di bangunan perumahan, dengan lebih dari 50% disebabkan oleh masalah kelistrikan. Oleh karena itu, penting bagi setiap rumah tangga untuk memastikan instalasi kelistrikan dilengkapi proteksi andal guna mencegah risiko kebakaran dan kecelakaan. 


Tips Rumah Nyaman Listrik Aman dari Innovation Talk Schneider Electric

Gaya Hidup Modern: Lindungi Keluarga dengan Proteksi Kelistrikan Maksimal

Schneider Electric sebagai pemimpin teknologi industri global dalam manajemen energi dan otomatisasi, memberikan solusi untuk menciptakan hunian yang nyaman sekaligus aman dari risiko listrik. Sebagai perusahaan yang berkomitmen untuk keberlanjutan dan efisiensi energi, Schneider Electric menawarkan produk-produk unggulan yang dapat diandalkan oleh setiap keluarga.

Bapak M. Farhan Lucky, Business Vice President, Home and Distribution Schneider Electric Indonesia menjelaskan, "Sakelar kini bukan hanya soal fungsi, tetapi juga menjadi elemen penting dalam personalisasi dan detail desain interior. Dengan inovasi seperti AvatarOn dari Schneider Electric, sakelar dapat disesuaikan dengan warna, motif, bahkan mencetak foto atau momen spesial, memberikan sentuhan unik pada setiap ruang. 

Desainnya yang ramping tanpa bingkai memudahkan pemasangan dan memungkinkan personalisasi yang simpel namun elegan. Sakelar yang dulunya dianggap sepele, kini menjadi bagian integral dari keseluruhan estetika ruangan, menyatukan fungsi dengan desain yang stylish dan modern, tanpa mengesampingkan keamanan dan kenyamanan.” 

“Perlindungan terhadap bahaya kebakaran, kesetrum dan lonjakan daya listrik pada rumah dan bangunan membutuhkan perangkat proteksi kelistrikan yang berbeda. Proteksi kelistrikan yang umum diketahui masyarakat adalah MCB (Miniature Circuit Breaker). Namun harus diingat, MCB digunakan sebagai proteksi beban lebih dan korsleting listrik, namun bukan untuk proteksi kesetrum maupun proteksi terhadap induksi petir. Penting untuk berkonsultasi dengan teknisi listrik berlisensi guna memastikan Anda memiliki kedua jenis perlindungan dan menjadwalkan pemeriksaan beban listrik secara rutin demi menjaga keamanan di rumah, terutama di tengah perkembangan teknologi yang terus meningkat,” kata Farhan. 

Untuk melindungi dari bahaya kesetrum, terdapat produk proteksi kelistrikan bernama Gawai Proteksi Arus Sisa atau lebih dikenal dengan istilah ELCB/RCCB yang berfungsi sebagai pengaman dari risiko kebocoran arus listrik. Produk ini wajib digunakan di area residensial sesuai PUIL 2020 dan Permen ESDM No.7 tahun 20212 . RCCB memiliki sensitivitas yang cocok untuk perumahan dan apartemen, yaitu 30 mA untuk proteksi terhadap manusia dan 300 mA untuk melindungi bahaya kebakaran akibat arus sisa. Schneider Electric menawarkan Domae RCCB dengan kedua tipe tersebut: Domae RCCB 30 mA dan 300 mA. 


Tips Rumah Nyaman Listrik Aman Innovation Talk Schneider Electric
Narasumber Membagikan Pengetahuan, Wawasan dan Pengalamannya

Sentuhan Pribadi dalam Setiap Sudut Ruang 

Trend personalisasi desain interior menghadirkan inovasi baru dengan produk sakelar AvatarOn, menjadikannya elemen yang memberikan sentuhan unik pada setiap ruangan. 

Ibu Ranu Scarvia Ria Fitri, Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta mengatakan, “Seiring dengan perubahan preferensi masyarakat dalam memaknai rumah, kami melihat bahwa setiap individu memiliki perspektif dan kebutuhan yang unik. Rumah kini bukan hanya sekadar tempat tinggal, tetapi juga ruang untuk berkarya, memulai usaha, dan menjadi tempat berbagi serta menyimpan kenangan. Trend desain interior saat ini dan di masa depan menyoroti pentingnya personalisasi, di mana desain harus mencerminkan kepribadian dan gaya hidup penghuninya”. 

“Pada tahun 2024 dan 2025, kita akan melihat tren yang semakin mengarah pada personalisasi yang mendalam, dengan fokus pada penggunaan material yang berkelanjutan, teknologi pintar, dan elemen desain yang menciptakan ruang yang tidak hanya estetis tetapi juga fungsional dan penuh makna. Tentunya pemilihan material, furniture dan pencahayaan ruangan perlu memenuhi standar keamanan dan keselamatan agar tidak hanya indah namun juga aman,” sambungnya kemudian. 

A Home Is Not Just A House

Dari Ibu Ranu, aku jadi tambah ilmu bahwa dalam mendesain rumah, kita juga harus memperhatikan keberlanjutan. Pilihlah material yang dapat mengurangi penggunaan listrik agar efisien, seperti plafon yang tinggi atau jendela besar untuk memaksimalkan cahaya alami yang masuk. Rumah menjadi lebih cantik dan tertata, nyaman ditinggali serta ramah lingkungan. 

Zaman makin modern, pemilik dan penghuni rumah kini semakin berani dan ekspresif dalam mewujudkan ide dan impian mereka melalui desain interior, mulai dari pemilihan warna sampai aksesoris rumah. Kalau kata orang barat, “A home is not just a house”. Rumah pun menjadi cerminan kepribadian dan gaya hidup mereka, menciptakan ruang yang unik dan personal. 


Tips Rumah Nyaman Listrik Aman dari Innovation Talk Schneider Electric

Rumah Ideal ala Andrew White dan Nana Mirdad: Homey dan Kompromi

Pasangan public figure dan influencer Andrew White dan Nana Mirdad menceritakan soal pembangunan rumah impian mereka yang homey. Menyatukan dua ide berbeda dalam mendesain rumah bukanlah perkara mudah. Ini merupakan proyek bersama, di mana suami dan istri perlu berkompromi untuk menciptakan ruang yang dapat mengisi ulang energi dan memberi rasa nyaman.

Andrew dan Nana menginginkan setiap anggota keluarga termasuk anak-anak bisa mengekspresikan ide dan keinginan mereka. Andrew White mengingatkan pentingnya penggunaan peralatan listrik secara bertanggung jawab. Pemilik rumah wajib memberikan edukasi kepada seluruh anggota keluarga dan asisten rumah tangga tentang cara aman menggunakan peralatan rumah tangga, terutama yang terkait dengan listrik dan gas.

Bahkan Andrew dan Nana sangat memerhatikan detail interior hingga penempatan sakelar di setiap ruang, kamar tidur, dapur dan sebagainya. Semua elemen harus selaras dengan konsep desain rumah ideal mereka. “Beruntung ada inovasi sakelar AvatarOn dari Schneider Electric yang frameless dan timeless banget dan lebih estetik. Cover sakelarnya bisa diganti dan dicetak dengan gambar apapun yang kita inginkan. Memungkinkan kami berkreasi tanpa batas,” ungkap mereka.

“Pilihlah produk kelistrikan dari brand terpercaya dan bersertifikasi IEC serta SNI, pilih material yang berkualitas dan sudah melalui proses pengendalian mutu. Pastikan keaslian produk dengan membelinya di toko resmi. Karena produk kelistrikan berkaitan langsung dengan keselamatan kita, orang-orang di sekitar kita, dan orang-orang yang kita sayangi”, ujarnya.


Tips Rumah Nyaman Listrik Aman Innovation Talk Schneider Electric
Sakelar AvatarOn dari Schneider Electric

Inovasi Sakelar AvatarOn

Di balik tampilannya yang modern, AvatarOn juga dilengkapi teknologi 'Slim Rocker, Sure Click' yang meminimalkan risiko percikan api, serta pencahayaan LED lembut yang berfungsi sebagai locator saat gelap. Memenangkan iF Design Award 2017, sakelar ini juga menyediakan fungsi tambahan seperti gantungan kunci dan soket USB, menawarkan kenyamanan ekstra dalam kehidupan sehari-hari. 

Beberapa pilihan warna sakelar yang dapat disesuaikan dengan desain interior sesuai selera adalah sebagai berikut:

  • Dark Wood: Warna kayu gelap memberikan nuansa alami dan elegan, menyatu dengan baik dengan dinding berwarna netral dan memberikan kontras yang menarik. Cocok untuk interior dengan tema klasik.
  • Wine Gold: Kombinasi warna anggur yang kaya dengan aksen emas menciptakan kesan mewah dan sophisticated. Untuk dinding berwarna terang dan memberikan kesan glamor, wine gold bisa menjadi pilihan.
  • Putih: Warna putih memberikan kesan bersih dan modern. Sebagai warna yang sangat fleksibel, putih bisa dipadukan dengan hampir semua warna dinding.
  • Dark Grey: Warna abu-abu gelap memberikan kesan modern dan stylish, cocok untuk ruangan bertema kontemporer. Warna ini juga bisa menyatu dengan baik pada dinding berwarna cerah, memberikan kesan yang elegan dan chic.
  • Custom: Sakelar AvatarOn bisa kita sesuaikan dengan warna dinding atau tema dekorasi ruangan, sehingga menciptakan suasana yang serasi dan personal.

Tips Rumah Nyaman Listrik Aman

Teman-teman, mari wujudkan #RumahNyamanListrikAman plus tetap estetik agar tercipta lingkungan yang lebih aman dan nyaman di rumah, dengan memerhatikan hal-hal berikut:

  • Instalasi listrik dilakukan oleh tenaga ahli yang berpengalaman.
  • Cek kelistrikan rumah maksimal 3 bulan sekali.
  • Gunakan produk kelistrikan dari merek terpercaya dan bersertifikasi IEC serta SNI
  • Pilih produk berkualitas dan sudah melalui proses pengendalian mutu.
  • Pasang alat pelindung dan stabilitator tegangan listrik.

Produk-Produk Schneider Electrik untuk Proteksi Kelistrikan

Berikut adalah produk-produk Schneider Electric yang dapat mendeteksi dan memutus aliran listrik saat ada indikasi gangguan, sehingga mencegah kerusakan dan melindungi penghuni rumah, yakni:

  • MCB (Miniature Circuit Breaker): Perangkat yang digunakan untuk membatas arus listrik dan pengaman ketika ada beban lebih dan anti korslet. MCB bekerja secara otomatis memutus arus listrik ketika arus yang melewatinya melebihi arus nominal pada MCB tersebut. 
  • RCCB / ELCB (Residual Current Circuit Breaker):  Perangkat pengaman listrik yang berfungsi untuk memutus aliran listrik jika mendeteksi kebocoran arus, anti setrum. Pemasangan RCCB sebagai perlindungan dari bahaya kesetrum, terutama di area residensial, kini menjadi persyaratan sesuai PUIL 2020 dan Permen ESDM No. 7 tahun 2021. 
  • RCBO (Residual Current Circuit Breaker with Overcurrent Protection) merupakan inovasi gabungan antara MCB dengan RCCB. Melindungi dari beban berlebih, anti korslet dan anti setrum. 
  • SPD (Surge Protective Device): Perangkat pelindung untuk membatasi tegangan transien dengan mengalihkan atau membatasi arus lonjakan arus serta melindungi peralatan elektronik dari bahaya petir. 

Tips Rumah Nyaman Listrik Aman dari Innovation Talk Schneider Electric
Produk Listrik MCB, RCCB, RCBO, SPD dan Schneider Charge 

Schneider Charge, Solusi Pengisian Daya Kendaraan Listrik di Rumah 

Buat teman-teman yang memiliki motor maupun mobil listrik, boleh nih dicoba pengisian daya kendaraannya menggunakan Schneider Charge di rumah agar lebih cepat, praktis dan efisien. Instalasi dan visibilitas peralatan listrik yang satu ini cukup mudah. Akses dilakukan secara real time melalui aplikasi smart controlMonta App di mana penghuni rumah bisa merencanakan pengisian daya kendaraan dengan lebih efektif. Solusi Schneider Charge mengintegrasikan hunian modern, cerdas dan berkelanjutan dengan proteksi optimal. 


Tips Rumah Nyaman Listrik Aman Innovation Talk Schneider Electric
Aku bersama Kumpulan Emak2 Blogger di Alila SCBD Jakarta

Nah, sekarang kita sudah tambah tahu, tambah ilmu serta wawasan kelistrikan terrutama tips mengenai #RumahNyamanListrikAman Innovation Talk Schneider Electric 😁 Jadi, tunggu apa lagi? Segera cek  listrik, gunakan instalasi asli dan rawat baik-baik sistem kelistrikan di rumah kita. Terima kasih dan sampai jumpa lagi!


No comments:

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.