Daftar Isi [Tampilkan]

Jalan-jalan ke Kota Bogor, belum afdol rasanya jika tidak mencicipi aneka jajanan di Jalan Suryakencana atau biasa disebut Surken. Kuliner legendaris mampu penyedot perhatian dan kehadiran warga setempat, Bahkan wisatawan dari luar kota pun berduyun-duyun datang untuk makan siang bersama orang-orang tersayang.


Wisata Kuliner Suryakencana Bogor, Pergi Pulang Naik Motor, Nyali Gak Kendor!

Nikmatnya Wisata Kuliner Suryakencana Bogor

Tahu bulat digoreng dadakan, sudah biasa. Siapa sangka ternyata aku dan Aa Rahmad pergi dan pulang naik motor ke Bogor tanpa rencana? Berboncengan mengendarai Suzuki TS 125 '93 dari rumah kami di Jagakarsa, Jakarta Selatan sampai Jalan Suryakencana, Bogor, Kamis, 23 Mei 2024, sungguh pengalaman yang tak terlupakan.

Petikan gitar dan suara cukup merdu pengamen menemani acara makan siang kami. Harus siap antre jika meja dan kursi penuh pembeli. Ini dia menu pilihan makan bersama kami, rasanya lezat semua, yakni:

Siomay Ayam dan Ikan Tenggiri “Gaya Baru”

Berjalan pelan melewati gerobak “Gaya Baru”, tercium aroma ikan tenggiri yang membangkitkan selera makanku. Si mamang membuka langseng kukus. Wow, isinya banyak! Ada siomay, tahu putih, kentang, kol dan pare yang ukuran potongannya cukup besar. Terlihat dua orang dewasa sedang mengunyah seraya mengobrol di bangku panjang dan meja yang disediakan. 


Wisata Kuliner Suryakencana Bogor, Pergi Pulang Naik Motor, Nyali Gak Kendor!
Siomay Ayam dan Ikna Tenggiri "Gaya Baru"

Harga satuan untuk semua varian adalah Rp6.000. Untuk seporsi sajian perdana saat tiba di Suryakencana, kami pilih 2 siomay dan 1 tahu putih. Terasa ikan tenggirinya, terksturnya cukup lembut. Bumbu kacangnya enak dengan takaran kacang dan airnya pas, tidak terlalu kental maupun cair. Ditambah sedikit kecap manis, perasan jeruk limo dan saus pedas di sisi piring belingnya, menikmati sepiring siomay menggunakan sendok, garpu maupun keduanya, membuat kami ketagihan. 

Jam buka siomay ayam dan ikan tenggiri “Gaya Baru” adalah pukul 07.00 hingga 20.00 WIB atau sehabisnya. Sebagai informasi, TasteAtlas yang merupakan laman panduan makanan terkenal menempatkan siomay di posisi teratas dalam daftar street food atau makanan kaki lima terbaik dunia yang dipublikasikan pada 15 April 2024.

Membuat siomay sendiri, siapa takut? Berikut adalah resep praktis siomay ikan tenggiri yang bisa dipraktikkan di rumah.

Resep Siomay Ikan Tenggiri

Bahan A:

  • 500 gr ikan tenggiri giling
  • 1 buah labu siam, kupas, cuci, lalu parut halus
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdm garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt penyedap rasa
  • 150 ml air
  • 350 gr tepung tapioka

Bahan pelengkap:

  • 30 buah tahu putih
  • 1/2 kg kol, kukus dan gulung
  • 1/2 kg kentang, potong-potong
  • ½ kg pare, potong ukuran sedang
  • 4-5 butir telur rebus
  • Jeruk limo
  • Kecap dan saus secukupnya

Bahan Bumbu Kacang:

  • 500 gr kacang tanah
  • 10 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 15 buah cabai keriting
  • 1 buah gula aren ±300 gram
  • 1-2 sdm gula pasir
  • 1,5 sdt garam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 sdt asam jawa, larutkan dengan air
  • 1 liter air

Cara Membuatnya:

  1. Siapkan semua bahan. Campur semua bahan A, aduk rata. Setelah itu, masukkan tepung tapioka dan aduk kembali sampai rata.
  2. Siapkan tahu putih, belah bagian tengah tahu, isi dengan adonan. Buat bentuk bulat untuk siomaynya.
  3. Kukus tahu dan adonan bulat ±15 menit. Masukkan kol dan kentang. Kukus kembali sampai matang, sisihkan.
  4. Membuat kuah siomay, goreng kacang tanah sampai matang, tiriskan. Goreng bawang dan cabai, sisihkan. Blender kacang, cabai, dan bawang. Masukkan ke panci, beri air, air asam jawa, gula merah, garam, dan daun jeruk.
  5. Masak kuah siomay sampai mengental dan mengeluarkan minyak. Tes rasa, jika sudah pas matikan api, kemudian aduk terus.
  6. Sajikan siomay dengan pelengkap dan siramkan kuah kacangnya.
Baca juga:

Berburu Kuliner Bogor

Menikmati Masakn Sunda Otentik di Restoran Kluwih Bogor

Tre Monti Sky Lounge, Tempat Kuliner Romantis yang Hits di Kota Bogor

Bacang Panas Pak Hadi

Bacang panas yang awalnya populer di Bandung, kini bisa dinikmati juga di Kota Bogor. Bacang panas berbeda dengan bacang biasa. Bacang dipanaskan terlebih dahulu sebelum disajikan. Saat disantap, aromanya lebih harum dan teksturnya pulen. 

Bacang adalah makanan tradisional yang terbuat dari nasi atau beras yang diisi daging ayam atau daging sapi, kemudian dibungkus daun pisang. Balutan daun pisang inilah yang mengeluarkan aroma lezat dan menambah selera. Tetelan jando sebagai pelengkapnya merupakan bagian dari payudara sapi yang bentuknya mirip lemak dan bercita rasa gurih dan pedas.


Wisata Kuliner Suryakencana Bogor, Pergi Pulang Naik Motor, Nyali Gak Kendor!
Bacang Panas Pak Hadi

Salah satu bacang panas yang terkenal di Bogor adalah Bacang Panas Pak Hadi. Kedai bacang ini mulai buka pukul 08.00 hingga 20.00 WIB atau sehabisnya Lokasinya cukup strategis, di pinggir Jalan Suryakencana St No. 234, Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16123. Disediakan meja dan kursi bagi pembeli yang ingin makan di tempat.

Ada 2 bacang panas yang ditawarkan, yakni bacang nasi dan bacang ketan yang isiannya berupa daging ayam atau daging sapi. Harganya terjangkau, hanya Rp10.000 hingga Rp15.000 saja. Aneka gorengan dengan sambalnya bisa dinikmati Rp5.000 dapat 2. Tak ketinggalan bakso, telur puyuh dan tetelan jando pun disajikan. 

Soto Kuning Pak Bongkok

Kedai Soto Kuning Pak Bongkok ini rupanya favorit juga, sama seperti Bacang Panas Pak Hadi. Lokasinya berdekatan dengan Jalan Aut atau Gang. Aut. Tiga kali sudah aku dan suami bolak-balik ke tempat ini, namun pembeli masih memadati kursi panjangnya dan antrean cukup panjang.


Wisata Kuliner Suryakencana Bogor, Pergi Pulang Naik Motor, Nyali Gak Kendor!
Soto Kuning Pak Bongkok

Beruntung, pada akhirnya kami kebagian juga mencoba soto kuning ini. Ternyata, pembeli boleh pilih dan ambil sendiri isi sotonya. Ada daging sapi, paru dan babat tersaji di wadah besar di atas gerobaknya. Nasi tersedia seharga Rp5.000 sudah dibungkus siap santap jika mau.

Penyajian Soto Kuning Pak Bongkok menggunakan mangkuk beling berukuran sedang, berisi pilihan daging dan kuah saja. Tidak ada sayuran sama sekali. Sambal ulek terasa cukup pedas. Harga per potongan daging atau paru atau babat adalah Rp13.000. Minumannya teh tawar hangat saja, gratis kata si mamang.

Laksa Gang Aut Mang Wahyu

Belum pernah makan laksa? Sok, kadieu atuh. Urang cobian laksa Mang Wahyu! Kedainya kecil dan sederhana sekali. Jangan salah, Laksa Gang Aut Mang Wahyu selalu laris manis tanjung kimpul diburu. Dari kedai Soto Kuning Pak Bongkok, lanjutkan perjalanan ke Gang Aut, cukup dekat dengan berjalan kaki.


Wisata Kuliner Suryakencana Bogor bersama Suami Tercinta, Pergi Pulang Naik Suzuki TS 125 '93


Laksa enak yang eksis sejak tahun 1960-an ini disajikan dengan ketupat yang kuah kuningnya begitu kental dan sedap sekali rasanya. Kuah kuning laksa ini dibuat dengan campuran bumbu kuning, santan dan juga kelapa yang diparut dan dihaluskan. 


Wisata Kuliner Suryakencana Bogor bersama Suami Tercinta, Pergi Pulang Naik Suzuki TS 125 '93
Laksa Gang Aut Mang Wahyu

Seporsi laksa Mang Wahyu terdiri dari isian ketupat, tauge, kemangi, telur rebus, tahu dan oncom. Oncom merah ini jadi ciri khas laksa Bogor. Harga per mangkuknya adalah Rp20.000 saja. Isinya sangat banyak, membuat perut kenyang.

Menu yang ditawarkan di kedai ini selain laksa adalah tauge goreng Rp20.000, peyek, kerupuk besar, kerupuk kecil, kerupuk mie, minuman air mineral, teh kemasan botol plastik, teh manis panas, es teh manis dan kopi. Meja dan kursi kayu terletak di seberang kedai, tepat di sisi jalan.

Laksa Gang Aut Mang Wahyu terletak di Jalan Suryakencana Gang Aut, Gudang, Bogor Tengah  Jawa Barat. Telepon yang dapat dihubungi adalah 0878-7025-1399. Adapun jam bukanya mulai pukul 07.00 sampai 14.15 WIB. Dari Stasiun Bogor bisa naik angkot 02 (Sukasari-Terminal Bubulak, turun di Jalan Suryakencana).

Es Bir Kotjok Si Abah

Nah, ini dia minuman pelepas dahaga yang wajib dicoba saat berkunjung ke Suryakencana maupun jalanan Kota Bogor. Es Bir Kotjok Abah yang mulai dijajakan dengan gerobak sejak pertengahan abad ke-20 merupakan minuman tradisional. Biasanya penjaja Bir Kotjok mulai muncul di Suryakencana pukul 09.00 hingga 17.30 WIB.


Wisata Kuliner Suryakencana Bogor bersama Suami Tercinta, Pergi Pulang Naik Suzuki TS 125 '93
Es Bir Kotjok Si Abah

Seperti halnya Bir Pletok khas Betawi, Es Bir Kotjok khas Bogor tidak mengandung alkohol sama sekali. Bir Kotjok terbuat dari bahan-bahan alami dan kaya rempah seperti cengkeh, kayu manis, jahe dan gula aren. Jahe yang digunakan adalah jahe merah untuk melancarkan sirkulasi darah. Jahe merah lebih pedas dan hangat dibandingkan jahe biasa.

Kenapa disebut Bir Kotjok? Proses pembuatannya dengan cara dikocok. Busa yang dihasilkan berasal dari cengkeh berpadu dengan kayu manis. Disajikan dengan es batu, Bir Kotjok bisa kita nikmati segelas atau sebungkus plastik hanya merokoh kocek Rp6.000 saja. Murah, bukan? 

Bir kotjok ini dapat diminum hangat maupun dingin. Sensasi hangat yang didapat dari jahe di dalamnya, meskipun disajikan dengan es batu, menjadikan bir kotjok sebagai minuman yang cocok untuk dinikmati di tempat yang dikenal sebagai Kota Hujan. Apalagi saat pembeli menyaksikan penyajiannya, seru sekali melihat penjual beraksi.

Dadakan Naik Motor ke Bogor

Jarak tempuh ke Bogor lebih kurang 41 kilometer lewat Jalan Raya Bogor melalui Jalan Juanda Depok. Berangkat dari rumah pukul 06.45 WIB tiba di Suryakencana pukul 07.50 WIB. Tiba di rumah, badan dan kedua kaki terasa pegal selama 2 hari ke depan. Itulah pengalaman kami yang sangat mengesankan. Alhamdulillaah. 


Wisata Kuliner Suryakencana Bogor bersama Suami Tercinta, Pergi Pulang Naik Suzuki TS 125 '93
Wisata Kuliner Suryakencana Bogor bersama Aa Rahmad


Wisata Kuliner Suryakencana Bogor bersama Suami Tercinta, Pergi Pulang Naik Suzuki TS 125 '93
Wisata Kuliner Suryakencana Bogor bersama Suami Tercinta, Pergi Pulang Naik Suzuki TS 125 '93 




No comments:

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.